Teknologi

Kreativitas Warga Tembok Gede Bikin Robot Lawan COVID-19

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 19 Agustus 2021
Kreativitas Warga Tembok Gede Bikin Robot Lawan COVID-19
Robot Delta kreasi warga Jl. Tembok Gede III Surabaya. (Foto: dok. ITTelkom Surabaya)

KREATIVITAS dengan memanfaatkan teknologi di Tembok Gede, Kelurahan Bubutan, Surabaya, melahirkan robot yang dipakai untuk melawan COVID-19. Namun robot ini bukan seperti yang ada di film-film, melainkan digunakan untuk membantu warga yang melakukan isoman di rumah.

Robot kreasi warga desa itu memanfaatkan barang-barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Seperti panci, wajan, ember dan televisi. Robot itu dinamakan Delta, diambil dari varian Delta yang berkembang sangat cepat.

Baca Juga:

Konsumsi Lemak Berlebih Dapat Memperparah Gejala COVID-19

“Dengan varian Delta baru ini dan melonjaknya jumlah kasus COVID-19. Saya memutuskan untuk menjadikan robot tersebut sebagai robot yang digunakan untuk pelayanan publik. Seperti penyemprotan disinfektan, pengantaran makanan dan memenuhi kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri,” kata Aseyanto, 53, ketua RT 3/RW 2, mengutip dari Reuters.

Kepala robot terbuat dari penanak nasi, dan dioperasikan melalui remote control. Robot ini diberi daya dari dengan baterai yang tahan sampai 12 jam. Sementara robot itu didiletakan pada sasis mobil mainan bekas yang sudah memiliki roda dan mesin. Ini adalah salah satu dari beberapa robot yang dibuat di desa Tembok Gede, yang menunjukan kemampuan warga dalam menggunakan teknologi secara kreatif.

Tak hanya itu adapula robot statis yang diambil dari karakter film anime yang berbicara dan menggerakan tangannya. Robot itu tak henti menyuarakan himbauan pada warga untuk tetap menjaga prokes dengan baik dan ketat.

Baca Juga:

Ini Perbedaan Vitamin D2 dan D3

Robot-robot ini berada di Jalan Tembok Gede III, kelurahan Bubutan, Surabaya. Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini termasuk dalam kota yang mengalami infeksi virus corona tinggi. Tak mengherankan bila kemudian lahir kreativitas membuat robot untuk melawan COVID-19 di dalam masyarakat.

Dengan adanya robot Delta ini, membuat warga Tembok Gede menjadi lebih mudah dalam menangani pandemi. Selain itu warga Tembok Gede menjadi contoh menghadapi pandemi COVID-19 dengan krerativitas melahirkan inovasi.

Indonesia telah menjadi episentrum wabah COVID-19 Asia dan mencatat lebih dari 3,68 juta infeksi dan lebih dari 108.000 kematian akibat virus di antara populasi lebih dari 270 juta yang tersebar di seluruh nusantara. (jhn)

Baca Juga:

Mitos Menyesatkan Vaksin COVID-19 Pengaruhi Kesuburan dan Keguguran

#COVID-19 #Kesehatan #Lipsus Bulanan Agustus #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan