Kreativitas Warga Pulobaru Cirebon Hadirkan Mural 3D Hasil kreasi warga Pulobaro Cirebon yang berpotensi menarik wisatawan. (Foto: MP/Mauritz)

KREATIVITAS tak mengenal batas. Ini agaknya yang ada pada warga di Jalan Pulobaru Gang 3 RW 6 Kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Mereka mengubah jalanan di gang pemukimannya menjadi lukisan mural 3D. Alhasil gang di pemukiman itu sangat meriah dan instagramable.

Di sepanjang gang yang terdiri dari 2 RT tersebut, dicat seolah sedang berada di atas sungai, lengkap dengan tebing dan ikannya. Ikannya pun bermacam, ada ikan koi, lumba-lumba, ikan hias, bahkan putri duyung. Sehingga jika memasuki gang tersebut, seolah sedang berjalan di atas sungai

Baca Juga:

Ini Lokasi Kantong Parkir Liburan Nataru di Sekitar Malioboro

cirebon
Hasil swadaya warga menghasilkan mural 3D. (Foto: MP/Mauritz)


Kondisi ini membuat anak-anak senang bermain di jalanan gang ini. Apalagi, dengan adanya lukisan jembatan di antara sungai, mereka seolah sedang melewati jembatan tersebut.

Mural 3D tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat di sepanjang gang tersebut. Mereka berbekal kemampuan seadanya, dan belajar secara otodidak dalam membuatnya. Menurut istri salah satu penggagas mural 3D tersebut, Evi Maghfiroh, semua berawal saat bapak-bapak dan para pemuda sedang iseng berkumpul. Kemudian, tercetuslah ide untuk membuat lukisan 3D di sepanjang gang. Akhirnya, gang pun mulai dicat pada bulan Juli kemarin.

Evi melanjutkan, adapun dipilihnya ikan adalah karena pemukiman tersebut dulunya adalah bernama Segara Rampak. Di situ terdapat sebuah kolam yang bernama Balong Panjunan. Saat musim kemarau, banyak ikan yang terlihat, sehingga para warga mengambilnya. Lama-kelamaan, akhirnya tempat tersebut berubah menjadi perkampungan dan bernama Pulobaru.

"Dari filosofi itulah, makanya dipilih gambar ikan dan airnya," jelasnya.

Baca Juga:

Menikmati Wisata di Desa Wisata Kopi Cibeureum Kuningan

cirebon
Mempercantik hunian menjadi lebih nyaman. (Foto: MP/Mauritz)

Saat ini, lanjutnya, masyarakat baru mengecat hanya satu gang saja, yakni Gang 3, karena yang berswadaya adalah masyarakat yang rumahnya berada di Gang 3. Adapun untuk gang-gang lain di sekitarnya memperbolehkan saja, asal mau berswadaya juga.

Selain cat, lanjut Evi, nantinya akan diberi hiasan berupa kain-kain percak yang sudah tidak terpakai, yang akan dipasang di atas. Hal tersebut guna memanfaatkan barang-barang yang memang sudah tidak terpakai, seperti kain percak.

Evi dan masyarakat pun berharap, ada sponsor yang juga mau membantu lebih mempercantik kampungnya, seperti menambah mural grafitti di tembok, atau menambahkan hiasan-hiasan lain. Sehingga nantinya, gang tersebut bisa dijadikan tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk bermain, sekaligus wisatawan.

"Sekarang kita masih terus dalam tahap pengecatan, setiap malam," pungkasnya. (*)


Baca Juga:

Libur Akhir Tahun Hemat dan Nyaman dengan 5 Tips Ini

Tulisan dari Mauritz kotributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Caption : Aspal gang pemukiman warga yang ada di Jalan Pulobaru Gang 3 RW 6 Kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon, disulap menjadi lukisan tebing sungai 3D.

Kredit : mauritz


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH