Kesehatan

Kreativitas Sederhana yang Bikin Panjang Umur

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 20 Agustus 2021
Kreativitas Sederhana yang Bikin Panjang Umur
Hanya butuh kreativitas sederhana punya umur panjang. (Foto: Pexels/mentatdgt0

HIDUP panjang umur dan berkualitas. Hal tersebut tentu didambakan semua orang. Ketika kita punya kehidupan yang berkualitas, kita bebas menikmati hidup kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengandalkan alat kesehatan atau obat-obatan.

Ternyata, hidup yang sehat dan berkualitas bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan uang. Kamu hanya cukup melakukan sejumlah hal sederhana ini:

Baca Juga:

Hal yang Akan Terjadi Ketika Tidur Menggunakan Riasan

1. Perut yang rata

umur
Perut rata tidak harus bertubuh kurus. (Foto: Pexels/Yaroslav Shuraev)

"Perempuan yang berada dalam tahap menopause dan memiliki lemak perut yang berlebihan berpotensi hidup lebih singkat," tutur Yangbo Sun, MD, PhD dari University of Iowa Carver College of Medicine. Perut rata tidak harus bertubuh kurus atau normal. Bahkan jika kamu memiliki berat badan normal, tapi perutmu buncit tetap ada risiko yang mengintai. Obesitas sentral (perut buncit) lebih mungkin untuk mengidap diabetes, penyakit kardiovaskular, dan banyak lagi.

2. Memprioritaskan kebahagiaan

umur
Emosi positif harus dimiliki. (Foto: Pexels/Artem Podrez)

Merasa bahagia memang sangat penting bagi siapa pun. Penelitian yang dilakukan Ed Diener dari University of Illinois, Urbana Champaign juga menunjukkan bahwa perasaan bahagia memiliki efek nyata pada umur yang panjang. "Kepuasan hidup, tidak adanya emosi negatif, optimisme, dan emosi positif adalah hal yang harus benar-benar dipegang," ujarnya.

3. Lebih sering tertawa

umur
Humor melindungi kita dari penyakit kardiovaskular dan infeksi. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Menjadi lebih ceria memang menambah kualitas hidup kita, namun bisa juga menambah kuantitas. Penelitian oleh Solfrid Romundstad, MD menunjukkan bahwa selera humor melindungi kita dari penyakit kardiovaskular dan berbagai infeksi. Faktanya, itu adalah sumber daya pelindung kesehatan otak. Sungguh cara yang menyenangkan untuk mencoba hidup lebih lama!

Baca Juga:

Orang Tua Perlu Waspada Berat Badan Anak Naik karena Pandemi

4. Keteraturan

umur
Keteraturan menjmin umur panjang. (Foto: Pexels/rodnae production)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang teliti cenderung menjalani hidup lebih lama. Sifat ini juga merefleksikan fungsi kognitif kita. Jadi cobalah untuk lebih disiplin, terorganisir, efisien, dan berorientasi pada tujuan jika kamu peduli dengan umur panjang.

5. Jalan kaki setiap hari

umur
Jalan kaki memberikan banyak manfaat kesehatan. (Foto: Pexels/daniel-reche)

Penelitian menunjukkan malas gerak 30 menit berhubungan dengan risiko 32% lebih tinggi terkena penyakit serius. Dan secara harfiah, setiap langkah penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Jadi dengan berjalan 2.100 hingga 4.500 langkah setiap hari, kamu dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, gagal jantung, atau stroke. (avia)

Baca Juga:

3 Makanan Jepang yang Paling Sehat, Nikmat, dan Bikin Panjang Umur. Wajib Coba!

#Lipsus Bulanan Agustus #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan