Kreatif! Efek Suara dalam Film Diproduksi dengan Cara Tak Terduga Para penata suara membuat efek suara dengan cara tak terduga (Sumber: Elite Readers)

PENATA suara adalah pendukung keberhasilan suatu film. Efek suara yang mereka buat mampu membangun atmosfer film. Di tiap penghargaan film bergengsi pun mereka selalu mendapat ruang melalui kategori tata suara terbaik.

Menjadi seorang penata suara untuk film bukan pekerjaan mudah. Mereka harus memutar otak untuk menciptakan efek suara tertentu. Yang lebih mencengangkannya lagi, mereka mampu menciptakan efek suara tertentu dengan benda pengganti yang tak pernah kita bayangkan.

Baca juga:

Rahasia Di Balik Properti Film Hollywood

1. Suara Hujan Terbuat dari Sosis yang Digoreng

Hujan
Suara hujan (Sumber: Brightside)

Seorang penata suara tak perlu menunggu cuaca buruk untuk merekam suara hujan. Bahkan, kadang-kadang suara hujan yang sesungguhnya tidak sekeras yang mereka inginkan. Mereka pun menggunakan alternatif yang tak terpikirkan.

Yap! Sosis yang digoreng. Suara sosis yang digoteng di atas wajan menghasilkan suara mirip dengan suara hujan yang sempurna.

2. Suara Menghancurkan Tulang Terbuat dari Seledri

Suara menghancurkan
Suara menghancurkan tulang (Sumber: Brightside)

Suara mematahkan tulang atau menghancurkan tubuh tidak harus membahayaan siapapun. Proses pembuatan suaranya pun jauh lebih manusiawi karena menggunakan seledri. Suara imitasi dari seledri membuatmu tak pernah menduga perbedaannya.

3. Suara Kuda yang Berjalan dari Batok Kelapa

suara kuda
Suara tapal kuda (Sumber: Paul Gorbould)

Batok kelapa yang sudah kering memiliki permukaan yang keras. Ketika kita mengetuknya, batok kelapa tersebut menghasilkan suara yang akrab bagi telinga. Itu serupa dengan suara langkah tapal kuda. Alat improvisasi ini dapat menciptakan suara kaki kuda dengan kecepatan yang kita inginkan.

4. Suara Menembak dengan Panah

suara panah
Suara panah (Sumber: Brightside)

Sulit untuk menangkap suara panah yang terbang saat syuting. Dalam situasi ini, sebatang bambu yang kecil mampu menyelamatkan situasi. Dengan mengibaskan sebatang bambu di depan mikrofon seorang penata suara berhasil menangkap efek yang diperlukan.

Baca juga:

Green Screen, Teknologi Di Balik Suksesnya Film Hollywood

5. Efek Berjalan di Salju

Salju
Salju (Sumber: Brightside)

Dalam film, adegan berjalan di atas salju terdengar begitu segar dan menakjubkan. Hal tersebut terjadi berkat tepung maizena. Tepung maizena mampu menghasilkan suara salju di dalam studio.

Caranya, para penata suara menuangkan tepung ke dalam kotak besar. Mereka menggunakan sepatu khusus dan mulai melangkah di atas tepung. Pada rekaman, kamu bahkan tidak bisa memastikan itu suara salju sungguhan atau hanya modifikasi dari Foley.

6. Suara Gemuruh Guntur

Suara halilintar
Suara halilintar (Sumber: Brightside)

Objek yang berbeda dapat membuat suara yang realistis. Salah satunya lembaran aluminium menciptakan suara guntur yang sempurna.

Para penata suara akan mengayunkan dan mengguncangkan lembaran aluminium di depan mikrofon. Suaranya mengingatkan kita akan halilintar. Dengan menambahkan beberapa efek suara, para penata suara menampilkan kondisi cuaca buruk.

7. Suara Tubuh Terjatuh dan Buku

suara jatuh
Suara jatuh (Sumber: Brightside)

Tubuh yang jatuh ke tanah akan menghasilkan suara yang khas. Mereka menggunakan metode mudah untuk menciptakan suara tersebut tanpa menimbulkan rasa sakit.

Caranya dengan menggunakan buku besar. Buku besar yang jatuh ke tanah menghasilkan efek suara yang sama dengan tubuh yang jatuh. Dengan membanting buku-buku tersebut ke tanah, penata suara mendapatkan suara yang dibutuhkan.

8. Suara Api Unggun menggunakan Bubble Wrap

Suara api
Suara api (Sumber: Brightside)

Api yang sesungguhnya tidak menghasilkan suara yang berisik. Untuk itu, para penata suara mengakalinya dengan menggunakan bubble wrap yang di tekan-tekan menggunakan jari.

9. Suara Memecahkan Telur dengan Ice Cream Cone

suara telur
Memecahkan telur (Sumber: Brightside)

Dalam beberapa film animasi atau film dengan adegan kuliner, memecahkan telur menjadi salah satu adegan yang cukup unik. Untuk menghasilkan suaranya pun tak kalah unik. Para penata suara Sebuah cone yang kering sering digunakan untuk menciptakan suara cangkang telur yang pecah. (avia)

Baca juga:

Dengan Sentuhan Baru, 4 Film Animasi Disney Ini akan Menarik Dibuat Versi 'Live-Action'

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH