ICE 2021

Kreasikan Latte Art di ILAC, Juri: Yang Tremor Bukan Jaminan Tidak Baik

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 24 Maret 2021
Kreasikan Latte Art di ILAC, Juri: Yang Tremor Bukan Jaminan Tidak Baik
Para peserta memberikan latte art terbaik mereka. (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

INDONESIA Coffee Event (ICE) 2021 kembali digelar di Hallf Patiunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (23/3). Acara ini diselenggarakan untuk melanjutkan kompetisi tahun lalu yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

“Semua peserta sudah bekerja sekeras mungkin. Semua well explain dan customer servicenya baik sekali. Kalau sebagian ada yang demam panggung sudah pasti lah, ada yang tremor juga tadi. Tapi bukan berarti yang tremor jadi jaminan dia tidak baik,” kata Riri Mestika sebagai salah satu juri Visual Judge.

Para peserta Indonesia Latte Art Championship (ILAC) akan melewati tiga babak, yakni preliminary, semi final, dan final pada Kamis (25/3). Nantinya, akan ada lebih dari 10 juri berkompeten yang akan menilai kemahiran para peserta.

Baca juga:

ICE 2021 Dimulai, Para Barista Siap Bersaing Ketat

Kreasikan Latte Art di ILAC, Juri: Yang Tremor Bukan Jaminan Tidak Baik
Riri Mestika sebagai salah satu juri di ILAC. (Foto: Instagram@ririmestica)

“Penilaiannya mulai dari identical design, hasil dari kedua cup, kemudian foam quality, kontras, harmoni, dan tingkat kesulitan dari tekniknya itu sendiri,” kata Riri.

Ada tiga kompetisi yang digelar tahun ini, yakni Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC), dan Indonesia Cup Taster Championship (ICTC).

Kompetisi yang digelar pada Selasa (23/3) adalah ILAC dengan 28 peserta dan ICTC dengan 23 peserta. Untuk meminimalisasi waktu, ICE 2021 menyediakan dua stage yang digunakan secara bergantian. Jadi ketika satu peserta selesai, akan dilanjutkan oleh peserta selanjutnya di stage yang berdampingan.

Baca juga:

Mengenal 3 Kompetisi Kopi di ICE 2021

ICE 2021
Beberapa ada yang demam panggung. (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

Buat kamu yang belum tahu, ILAC adalah kompetisi seni dalam secangkir kopi dengan cara menuangkan foam untuk menghasilkan pola atau gambar pada permukaan.

Tiap peserta akan dinilai oleh tiga juri yang terdiri dari Head Judge, Visual Judge dan Technical Judge. Para peserta pun diberikan kebebasan dalam memilih gambar apapun yang akan ditampilkan di secangkir kopinya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, ICE 2021 tidak dihadiri oleh para penonton di lokasi perhelatan. Semua rangkaian acara akan disiarkan secara live streaming di YouTube Channel merahputih.com. Informasi tentang ICE 2021 juga bisa didapatkan di laman serta media sosial merahputih.com. (and)

Baca juga:

Babak Preliminary Stage Performance ILAC di ICE 2021 Berlangsung Seru

#Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan