Kreasi Menu Ala Carte Cita Rasa Lintas Negara

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 25 Januari 2018
Kreasi Menu Ala Carte Cita Rasa Lintas Negara
Kepala ikan salmon khas Norwegia. (Foto: MP/Yugi Prasetyo)

MEMESAN menu ala carte berkiblat internasional, citarasanya pasti mudah tertebak. Namun apa jadinya jika lidah berpetualang ke ragam olahan lintas negara yang cita rasanya hasil modifikasi sang chef? Pasti mengejutkan.

Kepiawaian inilah yang ditunjukkan Mason Pine Hotel, yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Memasuki 2018, hotel dengan panorama alam kawasan Bandung Barat ini mulai mengenalkan sajian ala carte baru yang dipetik dari resep Asian dan Western.

Chef Mason Pine sengaja mengetengahkan berbagai tema kuliner agar para tamu tak merasa bosan saat memilih santapan. Salah satu hasil racikannya, Beef Carpaccio. Genre dessert ini mendaulat daging sapi tenderloin yang direndam dengan rempah Western, lalu diiris tipis dan disajikan dengan mix lettuce yang disiram saus mayo mustard.

"Beef Carpaccio termasuk Italian dish. Selanjutnya kami memberikan sensasi dengan clear soup paling prestisius ala Prancis, yakni kuah Double Chiixken Consomme. Kuah sup ini menggunakan kaldu ayam yang dimasak selama delapan jam. Di dalamnya hanya ada dry mushroom dan potongan wortel yang diiris kecil," ujar Executive Chef Mason Pine Hotel & Resort, Henry kepada Merahputih.com.

Beralih pada menu utama, Henry masih memberikan sensasi di lidah lewat Thai Prawn Curry. Berbeda dari kari khas India yang rempahnya beraroma kuat, chef Henry lebih memilih last minutes kari dengan suguhan udang yang dibubuhi bumbu kari, canai bubuk lalu diberi kuah kental perpaduan santan dan krim.

"Kari khas Thailand rasanya sangat intens di lidah, namun komposisi tempahnya sangat sederhana. Bahkan waktu memasaknya juga singkat," ucap Henry.

Modifikasi menu Eurasia, dijajal juga lewat olahan Bebek Pasta Ravioli. Di sini, chef membuat adonan pastanya secara homemade. Sementara di dalamnya ada ragout bebek yang dimasak dengan tambahan Duck Brown Sauce yang diberi irisan bawang putih, jamur serta potongan kacang mete.

Masih pada genre main course, penyuka makanan Italia pun siap dimanjakan dengan menu nasi khas Italia, yakni cheese mushroom risotto. Seperti galibnya risotto, tekstur dan bentuk genre nasi ini lebih besar dan terasa lembut membuai lidah.

Unsur karbohidrat ini tak tampil sendiri, di atasnya terdapat daging tenderloin yang dibuat layer dengan daging olahan smoked beef yang dibubuhi keju dan jamur lalu dilimpahi Masala Wine Sauce. Tak ayal, cita rasa yang dihasilkan terasa impresif dan berkelas.

"Kami juga membuat olahan modifikasi dari kepala ikan salmon dari perairan Norwegia. Basic-nya seperti gulai kuning pada umumnya, namun bumbunya ditambahkan asam gelugur untuk menghilangkan aroma amis saat disantap," pungkasnya. (*)

Artikel ini dibuat berdasarkan laporan kontributor Merahputih.com wilayah Bandung, Yugi Prasetyo. Dapatkan pula info kuliner lain pada artikel 3 Hotel di Bandung dengan Resto yang Juara.



#Mason Pine Hotel #Restoran #Hotel
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan