KPUD DKI Jakarta Fasilitasi Pemilih di Rutan, Rumah Sakit, dan Penyandang Disabilitas Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno. (Foto MP/Fadhli)

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta siap menyongsong pencoblosan Pilkada DKI 2017 besok, Rabu (15/2). Berbagai persiapan hampir rampung termasuk pengiriman logistik ke TPS.

"Hari ini posisinya sudah banyak yang di TPS-TPS, juga sebagian besar masih di kelurahan. Tapi sampai malam nanti dipastikan seluruh logistik sudah sampai di 13.023 TPS di seluruh wilayah Jakarta," ujar Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno kepada awak media, Selasa (14/2).

Sumarno menjelaskan, persiapan itu termasuk logistik bagi penyandang disabilitas, penyandang cacat dan logistik untuk TPS di rutan dan rumah sakit.

"KPU sudah menyiapkan alat bantu surat suara tunanetra, template di seluruh TPS. Selain itu disiapkan alat accessable bagi disabilitas," imbuhnya.

Di samping itu, guna mengakomodir pemilih yang masih terbaring sakit. KPUD telah menyiapkan TPS di sejumlah RS yang telah mengirim data pemilih tetap.

"Ada empat RS yang akan didirikan TPS, RSCM, Rumah Sakit Koja Jakarta Utara, RS Pondok Indah Kapuk Jakarta Utara dan Siloam Jakarta Barat," terangnya.

Sementara untuk RS yang tidak didirikan TPS akan dilayani oleh petugas yang dekat dengan TPS.

"Sesuai kesepakatan saksi, petugas TPS, nanti disambangi ke dalam, dengan syarat keluarga menyerahkan data pemilih," imbuhnya.

Sumarno menambahkan selain di beberapa RS, KPUD juga mendirikan TPS di sejumlah lapas atau rutan, yaitu Rutan Wanita Pondok Bambu, Cipinang dan Salemba.

"TPS yang masuk ke dalam bukan TPS di luar," tuntasnya. (Fdi)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH