KPU Siap Tangkal Isu SARA Pilkada

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 13 Mei 2017
KPU Siap Tangkal Isu SARA Pilkada
Ilustrasi. (MP/Rizki Fitrianto)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menangkal isu yang sengaja dikembangkan terkait suku, agama, dan ras oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam tahapan pelaksanaan pilkada wali kota dan wakil wali kota Tarakan, Kalimantan Utara yang dimulai tahun 2017.

Ketua KPU Kota Tarakan, Teguh Dwi Subagyo mengatakan bahwa memasuki tahapan pilkada serentak pihaknya terus melakukan langkah-langkah antisipasi soal potensi adanya isu SARA.

"KPU Kota Tarakan tetap mewaspadai sehingga upaya pencegahan akan dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar pesta demokrasi berlangsung aman dan sukses," kata Teguh seperti yang dilansir dari Antaranews di Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (13/5).

KPU Kota Tarakan menyadari, posisi kota Tarakan sebagai daerah jasa kondisi masyarakatnya sangat majemuk yang terdiri berbagai suku, agama, dan ras.

Namun, kemajemukan selama ini tidak diharapkan menimbulkan perbedaan yang menjurus pada kesalahpahaman terutama menjelang dan memasuki tahapan pilkada serentak walikota dan wakil walikota yang dilaksanakan akhir Juni 2018.

Ketua KPU Kota Tarakan ini meminta seluruh elemen masyarakat terutama pemerintah daerah, kandidat dan pengurus partai politik serta para pendukung masing-masing selalu menjaga kondusifitas.

"Kita boleh berbeda pilihan, tapi tetap menjaga kebersamaan," ucapnya.

Sumber: ANTARA

#Konflik SARA #Kalimantan Utara
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan