KPU Selidiki Penyebab Anggotanya Divonis Bersalah Komisioner KPU Pramono Ubaid. (Antaranews)

Merahputih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyelidiki putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas putusan pencopotan Komisioner KPU, Ilham Saputra dari Jabatan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik.

"Kita akan menunggu salinan putusannya dulu, kita pelajari detail putusannya bunyinya apa. kemudianyg dikenakan sanksi siapa saja," kata Komisioner KPU, Pramono Ubaid kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (10/7).

BACA JUGA: Komisioner KPU Ilham Saputra Dicopot dari Jabatan Ketua Divisi Teknis dan Logistik

Pramono menegaskan KPU akan taat dan patuh atas putusan DKPP, termasuk pemcopotan jabatan Ilham lantaran telah melakukan pelanggaran.

"Kita harus taat dan patuh terhadap putusan DKPP itu apapun bunyinya sehingga mungkin pada prosesnya akan ada pergeseran posisi," kata dia.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra (MP/Fadhli)

"Misalnya saya wakil divisi SDM, mungkin nanti pak Ilham jadi SDM atau pak Wahyu atau Viryan jadi teknis misalnya. Pada pronsipnya kan semua anggota KPU kan siap utk membawahi divisi apapun. toh salama ini kan juga mekanisme kerja kita collective collegial," sambung dia.

Untuk diketahui, DKPP mencopot jabatan Ilham Saputra sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik.

BACA JUGA: KPU Tak Pungkiri E-Rekap Bisa Diterapkan di Pilkada Serentak 2020, Tapi...

Dalam perkara ini, Pengadu pada pokoknya mendalilkan bahwa Partai Hanura telah menerbitkan SK PAW Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII, di mana Dossy Iskandar Prasetyo digantikan oleh Pengadu tetapi para Teradu menyatakan bahwa pengganti Dossy Iskandar Prasetyo adalah Sisca Dewi Hermawati. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH