KPU Sebut Pemilu Indonesia Jadi Inspirasi Negara Lain Ketua KPU, Arief Budiman. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut Pemilu Serentak 2019 di Indonesia menjadi inspirasi bagi negara-gara lain di dunia.

Terlihat, sejumlah Warga Negara Asing (WNA) menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Tujuan mereka itu untuk memantau proses Pemilu di Indonesia.

Rombongan WNA memantau pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Rutan Klas 1 Cipinang. MP/Asropih
Rombongan WNA memantau pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Rutan Klas 1 Cipinang. MP/Asropih

"Sebetulnya praktek ini sudah kita terapkan dalam beberapa tahun terakhir dan banyak negara kemudian mengadopsi cara berpemilu yang dilakukan di Indonesia," kata Ketua KPU, Arief Budiman di Rutan, Cipinag, Jakarta Timur, Rabu (17/4).

Hal yang membuat negara asing tertarik, kata Arief, lantaran Pemilu 2019 KPU mempublikasikan hasil pesta demokrasi lima tahunan ini di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Disamping itu juga, Arief mengungkapkan, bahwa salah satu yang jadi daya tarik negara lain adalah Situng. Situng adalah salah satu aplikasi andalan yang dikeluarkan KPU saat ini.

Aplikasi berbasis teknologi ini mampu menampilkan hasil pemilihan kepala daerah secara akurat dan realtime.

Ia melanjutkan, aplikasi Situng juga berguna bagi penyelenggara negara dan aparat kemananan karena bisa menjadi refrensi dalam mengambil kebijakan.

"Bagi KPU, saya akan mengontrol. Jadi kalau ada orang nakal jauh lebih mudah untuk diketahui. Untuk peserta pemilu, mereka juga bisa menggunakan itu," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Jawaban Kocak Kaesang Saat Ditanya Kalau Jokowi Kalah

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH