KPU Persilakan Parpol Perbaiki Berkas Keanggotaan Ilustrasi KPU. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih.com - Partai politik hanya memiliki satu kali kesempatan untuk memperbaiki berkas keanggotaan partai apabila jumlah anggota yang diserahkan belum memenuhi batas minimal setelah dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Kota Yogyakarta.

"Partai politik hanya memiliki satu kali kesempatan saja untuk memperbaiki berkas. Perbaikan sudah harus diselesaikan sebelum kami memasuki proses verifikasi faktual pada Desember 2017," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto seperti dikutip dari Antara di Yogyakarta, Senin (13/11).

Saat ini, kata Wawan, KPU Kota Yogyakarta masih melakukan tahapan penelitian administrasi terhadap berkas keanggotaan yang diserahkan oleh partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Dalam tahap penelitian administrasi tersebut, KPU Kota Yogyakarta melakukan klarifikasi faktual terhadap data keanggotaan partai politik yang diduga ganda termasuk status pekerjaan yaitu aparatur sipil negara (ASN) dan TNI/polri.

"Pada dasarnya, kami sudah menyelesaikan proses klarifikasi faktual. Tinggal merangkum hasil verifikasi tersebut. Hasilnya akan kami serahkan ke tiap partai politik pada 16 dan 17 November," katanya.

Di Kota Yogyakarta, terdapat 13 partai politik yang menjalani tahapan penelitian administrasi adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Perindo, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Garuda.

Pada tahap penelitian administrasi, KPU Kota Yogyakarta melakukan verifikasi faktual terhadap 594 data keanggotaan partai politik yang diduga ganda yang tersebar di hampir semua partai politik yang mendaftar di Kota Yogyakarta.

"Ada juga temuan status pekerjaan anggota partai sebagai ASN. Setelah diverifikasi diketahui jika yang bersangkutan sudah pensiun tetapi ada pula yang masih aktif bekerja. Jika masih aktif, tentu akan kami coret dari daftar keanggotaan," katanya.

Wawan menyebut dari hasil verifikasi tersebut jika partai politik tidak memenuhi batas minimal jumlah anggota yang harus diserahkan yaitu 410 orang, maka partai harus melakukan perbaikan.

KPU Kota Yogyakarta akan kembali melakukan verifikasi terhadap hasil perbaikan yang diserahkan. "Hanya ada satu kali kesempatan untuk memperbaiki. Setelah itu, kami akan memasuki proses verifikasi faktual terhadap partai politik," katanya. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH