KPU Paparkan Persiapan Pemilu 2019 Sudah 90 Persen Komisioner KPU RI Ilham Saputra membacakan daftar nama caleg DPRD dan DPD eks Koruptor. MP/Fadhli

MerahPutih.Com - Empat hari lagi masyarakat Indonesia bakal melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019, baik Pilpres maupun Pileg pada Rabu 17 April mendatang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengatakan bahwa persiapan pencoblosan pesta demokrasi lima tahunan ini sudah mencapai 90 persen.

"Persiapan Pemilu sudah sekitar 90 persen," kata Ilham di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

BACA JUGA: 400 Ribu Surat Suara Pilpres Tiba di Kampung Halaman Jokowi

Tak Kuat Berdesakan, Sejumlah Ibu-ibu Pingsan di Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf

Debat Kelima, Kepolisian Batasi Pendukung Jokowi dan Prabowo Masuk ke Arena Debat

Ilham pun mengklaim KPU telah mengirimkan logistik ke hampir seluruh Provinsi di Indonesia baik dari Kecamatan yang nanti diteruskan ke Desa. Kemudan dari Desa dipasok ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dari Kecamatan untuk diteruskan ke desa. Dari desa diteruskan ke TPS," tutur Ilham.

Kotak suara untuk Pemilu 2019
Kotak suara dan surat suara untuk Pemilu 2019 (MP/Ismail)

Ia juga mengaku, di beberapa provinsi Indonesia yaitu Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Barat, dan wilayah Papua KPU mengirimkan logistik menggunakan kendaraan Helikopter.

"Pokoknya yang secara geografi sulit sudah kami pakai helikopter untuk kemudian memasukkan logistik ke kecamatan-kecamatan," jelasnya.

Hari ini juga, kata Ilham, pihaknya telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Kemudian persiapan untuk penyelenggara, kami juga sudah Bintek. Hari ini hari terakhir kami lakukan Bintek teman-teman PPK. Utamanya teman tim KPPS dan kami sudah siapkan mereka juga," tutupnya.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH