KPU Mulai Verifikasi Faktual Parpol Lolos Administrasi Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera memulai tahap verifikasi faktual sejumlah parpol baru yang lolos persaratan administrasi pada Rabu (20/12) besok.

Adapun parpol pertama yang akan dicek kelengkapan faktualnya adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua KPU Arief Budiman mengaku, jadwal verifikasi faktual akan dimulai Rabu (20/12) besok siang. KPU akan mendatangi kantor pengurus pusat untuk mengecek berbagai persyaratan dan kelengkapan parpol.

"Jadwal verifikasi besok tanggal 20. Untuk Perindo kalau tidak salah pukul 13.00 WIB, kemudian PSI pukuk 14.30 WIB," kata Arief di Jakarta, Selasa (19/12).

Dia menjelaskan, dalam tahapan verifikasi faktual KPU akan memeriksa keberadaan kantor, anggota, dan kepengurusan partai politik.

"Yang diverifikasi itu dokumen kantor, orangnya, pengurusnya ada apa tidak, keterwakilan perempuan dalam pengurusan dan lain-lain. Juga dilihat KTP-nya," terang dia.

Untuk hari pertama ini, lanjut Arief, KPU hanya menjadwalkan verifikasi dua parpol. Sementara, parpol lama menyusul dihari berikutnya. "Per hari KPU akan memverifikasi dua parpol," kata dia.

Terkait parpol lama yang dinyatakan lolos administrasi, hanya akan diperiksa di kepengurusan daerah otonomi baru dan provinsi baru. (Fdi)

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH