KPU Minta Capres-Cawapres Segera Dikirim Nama Panelis Debat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 07 Desember 2023
KPU Minta Capres-Cawapres Segera Dikirim Nama Panelis Debat
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan ada lima sesi debat tiga pasangan calon selama masa kampanye Pilpres 2024 yang berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Lima acara debat itu berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menunggu nama-nama tim panelis untuk debat capres-cawapres usulan dari tim kampanye masing-masing pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024.

Baca Juga:

TPN Ganjar - Mahfud Minta Debat Libatkan Penonton

"Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon (nomor urut) 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU dua hari lagi, yaitu pada hari Jumat, 8 Desember 2023," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta, Rabu (6/12).

Hasyim mengatakan, pihaknya telah menyiapkan nama-nama tim panelis untuk setiap tema debat capres-cawapres. Namun, katanya, KPU akan mempertimbangkan usulan nama-nama panelis yang diberikan oleh tim kampanye masing-masing paslon.

"Ya, kami memberi kesempatan. Kalau enggak diterima kan jadi pertanyaan juga. Ngapain repot-repot mengajukan usulan? Tentu kami pertimbangkan semua," tambahnya.

Hasyim menjelaskan, seorang panelis berperan dalam merumuskan pertanyaan penting kepada ketiga pasangan capres-cawapres dalam debat.

"Panelis diundang untuk merumuskan, kira-kira dari topik itu atau tema itu, apa pertanyaan-pertanyaan penting atau perlu diajukan kepada masing-masing capres atau cawapres,” katanya.

Ia memastikan, panelis debat yang ditunjuk KPU RI merupakan orang yang berkompeten.

"Yang penting, yang akan jadi panelis adalah orang-orang yang kami nilai atau kami anggap berkompeten, sebagaimana pengetahuan maupun pengalamannya di bidang yang menjadi bahan debat," kata Hasyim.

Hasyim menegaskan, pemilihan tim panelis debat capres-cawapres tersebut dipilih berdasarkan tema debat dan bukan representasi wilayah barat hingga timur Indonesia.

"Basisnya itu topik, bukan soal barat, timur, utara, dan selatan," ujarnya.

KPU telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Saat ini, pasangan calon telah melakukan kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. (Knu)

Baca Juga:

Timses Dampingi Capres-Cawapres saat Debat Dibatasi Maksimal 50 Orang

#Debat Capres-cawapres #Pemilu 2024 #Pilpres 2024
Bagikan
Bagikan