KPU Klaim Antusiasme Pemilih di Pemilu 2019 Meningkat Ketua KPU Pusat Arief Budiman (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara di Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 meningkat.

"Tapi kalau melihat gambar berapa pemilih di TPS di Dalam Negeri, di Luar Negeri emang terlihat antusiasme pemilih meningkat," kata Arief saat dihubungi, Kamis (18/4).

Arief melanjutkan, hal ini bisa dilihat secara umum dari total 809.563 TPS 99,72 persen dilaporkan ke KPU telah melaksanakan pemungutan suara dengan baik.

Ketua KPU Pusat Arief Budiman (Foto: MP/Asropih)
Ketua KPU Pusat Arief Budiman (Foto: MP/Asropih)

Meski begitu, ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini KPU mencatat ada 2.249 TPS yang tersebar di 18 kabupaten/kota belum melaksanakan pemungutan suara pada Rabu 17 April kemarin.

"Karena, ya bukan karena pelaksanaan terus kacau bukan. Karena memang logistiknya belum bisa sampai tepat waktu," tuturnya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, tertundanya pencoblosan di 2.249 TPS itu terjadi lantaran adanya kendala dalam pengiriman logistik Pemilu. Kemudian, faktor lain terhambatnya penyaluran logistik karena bencana alam, seperti banjir di Kota Jambi.

Namun, Arief belum bisa menjelaskan persentase berapa peningkatan pemilih dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. Karena KPU saat ini terus menerima data tim di lapangan.

"Ya angkanya kita tidak bisa menyimpulkan ya. Tapi ukuran-ukuran masyarakat di TPS itu meningkat," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Jokowi Kalah di Jabar dan Sumatera Karena Tak Berpenampilan Tegas dan Berwibawa

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH