KPU Jadwalkan Rekapitulasi Suara pada 25 April 2019 Ilustrasi surat suara Pilpres 2019. Foto: Ist

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan rekapitulasi suara tingkat nasional yang dijadwalkan mulai sejak 25 April sampai 22 Mei 2019 mendatang dilakukan di Kantor KPU, bukan di tempat lain.

Adapun rekapitulasi tersebut untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi

"Kita sudah pasti kan tempatnya ada di kantor KPU sini. Nanti kemungkinan akan kita lakukan terpisah antara rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan pemilu legislatif," ujar Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Kamis (18/4).

Pramono mengatakan, nantinya saat rekapitulasi suara nasional akan dilakukan di dua tempat yang terpisah di dalam kawasan KPU

"Kami sudah tegaskan bahwa rekapitulasi Nasional tidak dilakukan di luar kantor KPU," jelas dia.

Meskipun rekapitulasi baru diadakan pekan depan, lanjut dia, pihak panitia pemilihan Kecamatan sudah mulai bekerja merekapitulasi suara dan memiliki batas waktu paling lama yaitu selama 17 hari.

Pemilu 2019

"Ada jumlah TPS per kecamatan nya ada yang hanya 100-200. Tapi, ternyata di beberapa daerah tertentu seperti di Tangerang Selatan, di Kota Surabaya, di Sidoarjo itu ada yang bahkan sampai 900 atau bahkan lebih dari 1000 TPS per Kecamatan," ungkap Pramono.

"Karena itu dibutuhkan waktu rekapitulasi yang lebih dari 10 hari, bahkan sampai 17 hari," sambungnya. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH