Pilkada Serentak

KPU Gunung Kidul Pastikan Distribusi Logistik Pilkada Lancar

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 01 Desember 2020
KPU Gunung Kidul Pastikan Distribusi Logistik Pilkada Lancar
Simulasi Pilkada. (MP/Teresa Ika).

MerahPutih.com - Pemilihan Kepala Daerah hanya tinggal satu pekan lagi. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan distribusi logistik yakni logistik seperti surat suara, kotak suara, alat bantu pencoblosan hingga formulir rekapitulasi dan alat pelindung diri (APD) petugas lancar

"Kami harus memastikan logistik kedua jenis ini harus lengkap di setiap tempat pemungutan suara (TPS)," kata Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani di Gunung Kidul, Senin (1/12).

Baca Juga:

8 TPS Pilwakot Solo Masuk Kategori Rawan

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan proses pelipatan dan sortir surat suara. Terdapat kekurangan 3.991 lembar surat suara, sedangkan kebutuhan surat suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebanyak 617.748 lembar.

"Sebanyak 613.757 lembar dalam kondisi bagus, 3.562 lembar rusak, dan 429 lembar belun dikirim," jelas Ahmadi.

Ia mengatakan, sudah membuat berita acara jumlah surat suara yang rusak dan surat suara yang belum dikirim.

KPU sudah menghubungi pihak ketiga, yakni penyedia surat agar segera dikirim kekurangannya, supaya dapat diselesaikan pelipatannya untuk segera didistribusikan.

"Kami berharap kekurangan surat suara yang rusak dan kekurangannya segera dikirim. Kami harus melaksanakan tahapan ini tepat waktu supaya tidak mengganggu tahapan distribusi logistik," katanya.

Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani  (kiri)  (Foto: MP/ Teresa Ika).
Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani (kiri) (Foto: MP/ Teresa Ika).

KPU telah menyiapkan tempat pemungutan suara yang ramah penyandang disabilitas saat Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020 nanti.

Salah satunya menempatkan meja dan bilik pencoblosan yang mudah dimasuki kursi roda atau dilewati pemilih yang menggunakan tongkat.

"Kami juga sediakan template alat bantu coblos suara bagi DPT yang mengalami tuna netra. Selain itu Antrian didahulukan pemilih difabel," kata dia.

Ia mengatakan, di Gunung Kidul ada 1.900 TPS yang digunakan dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Gunung Kidul sebanyak 599.850 jiwa. Jumlah ini terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 307.757 jiwa dan sisanya sebanyak 292.093 pemilih laki-laki.

Baca Juga:

Debat Kedua, Gibran-Teguh dan Bajo Adu Strategi Penanganan COVID-19

#Pilkada Serentak #Pilkada 2020
Bagikan
Bagikan