KPU Gelar Pemungutan Suara Susulan di 18 Daerah Hari Ini Logo Pemilu 2019. Foto: Net

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini mulai melakukan pemungutan suara susulan di sejumlah wilayah Indonesia yang Rabu 17 April 2019 kemarin belum melaksanakan pencoblosan.

Ketua KPU Arief Budiman, menegaskan bahwa pelaksanaan itu bukan pemilu ulang melainkan pemilihan susulan. Menurut dia, jika pencoblosan ulang berarti sudah pernah dilakukan namun belum diselenggarakan.

Ketua KPU Arief Budiman. Foto: MP/Asropih

"Ini susulan. Sebagian besar dari mereka itu karena logistiknya terlambat juga, maka hari ini dilakukan pemilihan susulan," ujar Arief di KPU Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Berdasarkan catatan laporan yang diterima KPU ada 2.249 TPS yang tersebar di 18 kabupaten/kota di Indonesia belum bisa menggelar pemungutan suara pada Rabu, 17 April 2019 kemarin.

"Kalau dari KPU RI sudah didistribusikan, tiba disana sesuai dengan jadwal yang kita kerjakan. Cuma, teman-teman disana kan harus menindaklanjuti dengan sortir, lipat, packing, masuk ke kotak-kotak, kemudian distribusi berjenjang. Mungkin ada kendala-kendala pada saat distribusi ketingkat bawah itu," jelas Arief.

Sementara itu, Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi menuturkan pencoblosan suara susulan ini tidak akan menghambat proses rekapitulasi suara yang saat ini tengah dilakukan pihak KPU. Mengingat, KPU memiliki batas waktu rekapitulasi di tingkat kecamatan sampai 4 Mei sebelum dilanjutkan di tingkat nasional.

"Pasti tidak akan mundur. Batasnya adalah seluruh proses pemungutan suara ulang atau pemilu susulan itu harus dilaksanakan sebelum masa rekapitulasi di kecamatan selesai, ssehingga hasil dari TPS yang diulang atau disusulkan itu masih bisa diikutkan di rekapitulasi di tingkat kecamatan," ungkap Pramono.

Ilustrasi surat suara, Foto: ANTARA

Laporan 2.249 TPS yang belum melakukan pencoblosan diterima oleh lembaga penyelenggara pemilu itu pada pukul 23.00 WIB.

Adapun perincian jumlah TPS yang tidak bisa melakukan pencoblosan suara dari masing-masing kabupaten/kota:

Kota Jayapura 702 TPS
Kabupaten Jayapura 1 TPS
Kabupaten Keerom 6 TPS
Kabupaten Waropen 11 TPS
Kabupaten Intan Jaya 288 TPS
Kabupaten Tolikara 24 TPS
Kabupaten Pegunungan Bintang 1 TPS
Kabupaten Yahukimo 155 TPS
Jayawijaya 3 TPS
Nias Selatan 113 TPS
Kutai Barat 20 TPS
Banggai 391 TPS
Jambi 24 TPS
Kabupaten Bintan 2 TPS
Kabupaten Banyuasin 445 TPS
Kabupaten mahakam Ulu 4 TPS
Kutai Kartanegara 8 TPS
Berau 11 TPS. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH