KPU DKI Surati Anies Terkait Penetapan Anggota Baru DPRD DKI Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI terpilih pada Pemilihan Legislatif 2019 lalu.

Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon mengatakan saat ini pihaknya tinggal menunggu proyses berikutnya yakni pelantikan dari anggota DPRD lama ke Dewan Parlemen Kebon Sirih yang baru.

Baca Juga: PDIP Kuasai DPRD DKI Jakarta, 6 Partai Tidak Dapat Kursi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos di Jakarta, Minggu (21/4/2019). (ANTARA News/Devi Nindy Sari)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos di Jakarta, Minggu (21/4/2019). (ANTARA News/Devi Nindy Sari)

Menunggu pelaksanaan pelantikan, lanjut dia, KPU DKI akan bersurat ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai penetapan anggota DPRD periode 2019-2024. Setelah itu langsung diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Pasca ini kami akan bersurat kepada Gubernur DKI untuk meneruskan kepada Kemendagri untuk melakukan pelantikan," kata Betty di Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Baca Juga: Nama-Nama DPRD Baru DKI Ditentukan Nanti Sore Pukul 15.30

Diberitakan sebelumnya, perolehan kursi DPRD terbanyak diraih oleh partai PDI Perjuangan dengan mendapatkan kursi terbanyak sebanyak 25 kursi, disusul Gerindra dengan 19 kursi dan posisi ketiga diisi PKS dengan 16 kursi.

Sementara itu, Partai Demokrat mendapatkan 10 kursi, PAN mendapatkan 9 kursi disusul PSI delapan kursi di Jakarta. Partai Nasdem dengan 7 kursi. Golkar mendapatkan 6 kursi, dibuntuti PKB 5 kursi dan paling bawah PPP dengan satu kursi.

Rapat pleno KPUD DKI Jakarta dalam penetapan anggota DPRD DKI periode 2019-2024. Foto: Asropih
Rapat pleno KPUD DKI Jakarta dalam penetapan anggota DPRD DKI periode 2019-2024. Foto: Asropih

Baca Juga: Adik Kandung Almarhum Jefri Al Buchori Angkat Koper dari DPRD DKI

Kemudian sebanyak 6 partai politik yang tak mendapatkan kursi di DPRD DKI. Ada Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Hanura, PBB, Partai Garuda, dan PKPI. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH