KPU Buka Pendaftaran Parpol Pemilu 2019 KPU jumpa pers terkait pendaftaran parpol Pemilu 2019. Foto@ MP/Fadly

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2019. Dijadwalkan, selama 14 hari kedepan parpol diwajibkan mendaftarkan diri ke KPU.

"Besok sudah mulai dibuka tanggal 3-16 Oktober 2017," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari saat gelar konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (2/10).

Dijelasknnya, pada hari pertama sampai hari ke-13 pendaftaran dibuka pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan hari ke-14 atau hari terakhir pukul 08.00-24.00 WIB.

"Pendaftaran 14 hari kalender, artinya Sabtu dan Minggu KPU tetap buka pendaftaran," ujarnya.

Dalam proses pendaftaran lanjutnya, baik parpol baru maupun lama, disyaratkan sebelum mendaftar wajib mengunggah dokumen persyaratan ke Sistem Informasi Partai Politik atau SIPOL. Dokumen hasil print out SIPOL tersebut yang digunakan parpol untuk mendaftarkan diri.

"Apabila dokumen lengkap, parpol akan diberi tanda terima. Kemudian dokumen tersebut diperiksa keabsahannya di KPU RI dan dokumen keanggotaan di KPU Kabupaten/Kota. Apabila memenuhi syarat administratif, maka akan dilakukan verifikasi faktual, yaitu mencocokkan dokumen dan fakta di lapangan," imbuhnya.

Sementara itu, Khusus parpol lokal Aceh, pendaftarandan penetapan dilakukan di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh, berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017, dan persyaratan khusus dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

"Intinya KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota sudah siap melaksanakan pendaftaran parpol. KPU sudah melakukan pelatihan di internal KPU dan operator parpol, sehingga kedua belah pihak ini sudah mempunyai kecakapan dalam menangani SIPOL," pungkasnya. (FDI)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH