KPU-Bawaslu Diminta Siapkan SDM Sehat Sambut Pemilu 2024

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 09 Juni 2021
KPU-Bawaslu Diminta Siapkan SDM Sehat Sambut Pemilu 2024
Kota Suara Pilkada. (Foto: KPU)

Merahputih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kompeten dan sehat menghadapi Pemilu 2024.

"Sehingga tidak asal ambil seperti selama ini, misalnya yang dijadikan panitia pemungutan suara (PPS) tidak paham tugasnya," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang di Kompleks Parlemen, Selasa (8/6).

Baca Juga:

KPU Usulkan Pemilu 2024 di 21 Februari

KPU dan Bawaslu sudah mengajukan anggaran untuk tahapan Pemilu 2024. Komisi II DPR ingin Pemilu Serentak pertama itu tidak menimbulkan korban seperti Pemilu 2019.

Perhitungan suara Pilkada. (Foto:KPU)
Perhitungan suara Pilkada. (Foto:KPU)

Karena itu, KPU dan Bawaslu harus mempersiapkan SDM sejak tahapan pemilu mulai dari pendaftaran hingga penghitungan suara. "Untuk melaksanakan itu ada berbagai tahapan dan SDM harus disiapkan," beber dia.

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan Komisi II DPR akan membahas terkait anggaran yang telah diajukan KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk tahapan Pemilu 2024, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang rencananya akan digelar pada Rabu (9/6).

Baca Juga:

KPU Diminta Siapkan 2 Skenario Jadwal Pemilu 2024

Ketiga lembaga tersebut sudah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu 2024 kepada Komisi II DPR namun belum didalami dan diputuskan.

"Rabu akan bahas anggaran, nanti bisa dilihat. Ini bukan hanya untuk anggaran tahun 2022, karena tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan tahun depan. Kami akan segera putuskan karena tahapan Pemilu 2024 akan segera mulai tahun depan," tutup dia. (Pon)

#Pilkada Serentak #Pemilu #PemiluKada #Pemilu Presiden
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan