KPU: Baru Satu Parpol yang Lolos Verifikasi Ilustrasi. (kpu.go.id)

MerahPutih.com - Sebanyak 73 partai politik (Parpol) telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Namun, dari jumlah tersebut, baru 25 Parpol yang mengisi dokumen di sistem informasi partai politik (Sipol) di KPU.

"Kementrian hukum dan HAM telah mengeluarkan 73 parpol yang terdaftar sebagai bandan hukum. Jadi semuannya berkesempatan melakukan pendaftaran di KPU," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman di Jakarta, Jumat (13/10).

Namun sampai saat ini, baru 30 parpol yang memiliki akun untuk pengisian data untuk mengikuti Pemilu pada tahun 2019 mendatang.

"Yang sudah memiliki username dan password sebanyak 30 partai. Namun, baru 25 parpol yang sudah melakukan input data," kata Arief di kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (13/10).

Menurut Arief, pengisian sipol adalah syarat mutlak untuk mendaftar sebagai calon partai politik peserta Pemilu 2019. Itu merupakan amanat dari sebuah regulasi yang tertuang dalam PKPU nomor 11 tahun 2017.

Arif melanjutkan, dari 25 parpol yang sudah melakukan input data ke KPU, baru 7 parpol yang menyerahkan berkasnnya.

"Dari 7 itu, 1 partai politik sudah dinyatakan dapat diterima pendaftarannya. Sementara yang lain ada yang masih melengkapi berkasnya lagi, ada yang masih sedang dalam proses pemeriksaan," bebernya.

Melihat hal ini, Arief mengimbau kepada seluruh parpol agar segera melakukan pendaftaran ke KPU. Dan, segera melengkapi berkas yang dibutuhkan.

"Kami mengingatkan lagi mohon partai politik tidak melakukan pendaftaran pada hari terakhir. Sebab, berdasarkan pengalaman lalu, ternyata ada saja persyaratan yang masih harus dilengkapi," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita terkait pendaftaran Parpol ke KPU untuk Pemilu 2019 dalam artikel berikut: Baru Daftar ke KPU, PAN Belum Pikirkan Capres Yang Diusung

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH