KPU Anggarkan Rp 8 Triliun untuk Tahapan Awal Pemilu 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 27 April 2022
KPU Anggarkan Rp 8 Triliun untuk Tahapan Awal Pemilu 2024
Logo KPU. Foto: Merahputih.com / Dicke Prasetia

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menganggarkan dana senilai Rp 8 triliun untuk tahap awal Pemilu 2024. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai tahapan, program dan kegiatan pemilu pada Tahun 2022.

Anggota KPU, Yulianto Sudrajat mengatakan, jumlah ini merupakan bagian dari anggaran usulan KPU untuk Pemilu 2024 sebesar Rp 76,6 triliun.

Baca Juga

Mendagri Minta KPU Kalkulasi Anggaran Pemilu Secara Matang

"Saya bicara tahun anggaran 2022 ya, dari 76,6 triliun (anggaran Pemilu Serentak 2024), nah ini Rp 8 triliun yang cair tahun ini," kata Yulianto di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/4).

Anggaran Rp 8 triliun tersebut akan dipergunakan antara lain pendaftaran parpol pada Agustus 2022, verifikasi parpol peserta pemilu, pembentukan badan ad hoc dan tahapan serta kegiatan pemilu lainnya. Termasuk, anggaran untuk persiapan dan pengguna sistem informasi partai politik (Sipol).

"Iya (untuk Sipol) kalau sudah pendaftaran sehingga harus kita pastikan Sipol berjalan baik, pengembangannya juga harus dilakukan," ujarnya.

Baca Juga

Hadir di Sidang MK, La Nyalla: Pasal 222 UU Pemilu Berpeluang Lumpuhkan Negara

Yulianto menegaskan, anggaran tersebut belum final karena masih harus dilakukan efisiensi lagi. Saat ini, KPU terus melakukan kajian untuk melakukan efisiensi dan rasionalisasi anggaran.

"Ini dari anggaran Rp 76,6 triliun ya, tapi kan kita akan lakukan efisiensi lagi. Asumsinya dari Rp 76,6, Rp 8 triliun untuk kebutuhan 2022," imbuhnya.

Selain itu, tutur Yulianto, fokus KPU saat ini juga adalah menuntaskan draf PKPU yang terdiri dari jadwal, tahapan dan program. Pasalnya, anggaran sangat berkaitan dengan tahapan dan program KPU.

"Tahapan ini nanti diputuskan KPU, diketok, baru kita bicara anggaran tapi kita sudah siapkan semua, bahannya sudah ada, akan kita lanjutkan dengan langkah efisiensi," tutup dia. (Pon)

Baca Juga

Pengesahan Anggaran Jadi Langkah Awal Penyelenggaran Pemilu 2024

#Breaking #Komisi Pemilihan Umum #KPU #Pemilu #Pilpres #Partai Politik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan