KPU Akui Posisi Truk 'Asing' Bawa Surat Suara Unggahan Andi Arief di Kulonprogo

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 11 Maret 2019
KPU Akui Posisi Truk 'Asing' Bawa Surat Suara Unggahan Andi Arief di Kulonprogo
Politisi Demokrat Andi Arief usai ditangkap kasus narkoba (Ist)

MerahPutih.com - Eks Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, kembali mengundang kontroversi. Setelah terakhir ditangkap menggunakan narkoba, kali ini dia melalui akun twitternya mengunggah foto truk beraksara asing dengan stiker KPU.

Dalam foto tersebut, sorang perempuan dan polisi menunjuk stiker dengan logo KPU bertuliskan 'Dokumen Negara'. Aksara itu ditulis dengan warna hijau.

"Ini sudah dilaporkan ke KPU melalui seorang wartawan. KPU meminta membantu mencari data tentang ini, kapan dan di mana. Tugas KPU dan kita semua mencari kebenaran," kata Andi Arief, Jumat (11/3).

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Ilham Saputra mengaku belum bisa memastikan aksara dari negara mana yang terdapat di bodi truk.

"Saya sendiri tidak tahu tuh bahasa Cina atau bahasa Jepang. Buat temen-temen tadi mengatakan itu Jepang ya," kata Ilham di kantornya, Senin (11/3).

Setahu Ilham, foto itu adalah adalah penurunan logistik di kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. "Yang mengadakan itu konsorsium Temprina yang pabriknya ada di Solo," katanya.

Komisioner KPU Ilham Saputra
Komisioner KPU Ilham Saputra (Foto: pemilu.org)

"Jadi tidak ada itu surat suara dari Cina. tidak ada. sekali lagi itu adalah surat suara yang dikirimkan pemenang atau kemudian penyedia surat suara yang kami kirimkan ke kabupaten Kulonprogo," imbuh Ilham.

Menurut Ilham, perempuan yang ada di foto adalah Ketua KPU Kabupaten Kulonprogo bernama Mutiah. Bahkan, kata dia, terlihat ada pula anggota kepolisian yang turut mengawal logistik pemilu itu.

"Kemudian itu dikawal oleh polres, dikawal oleh polisi. Kalian lihat juga di poto itu ada polisi kan. dan itu tidak ada hubungannya dengan Cina dan sebagainya. Jadi percetakannya jelas di konsorsium PT Temprina yang di Solo," tutur Ilham.

Namun, KPU memastikan truk kontainer buka berisi surat suara yang dicetak di Cina dan sudah dicoblos. Untuk itu, KPU hanya berharap isu ini tak digoreng macam-macam. "Semoga tak disebarkan ke-mana-mana," tutup Ilham. (Knu)

#Andi Arief #Pilpres 2019 #Kulonprogo
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan