KPK Segera Bahas Kasus Asabri dengan BPK Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini tengah membahas kasus dugaan korupsi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) di tataran internal.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, usai pembahasan di tataran internal, BPK akan membahas kasus itu bersama dengan KPK, pada Kamis, (16/1) besok.

Baca Juga:

Penetapan Tersangka Dugaan Korupsi Jiwasraya Penting untuk Kembalikan Kepercayaan Publik

"Siang ini mereka (BPK) akan bahas internal. besok, kamis akan koordinasi dengan KPK," kata Ghufron saat dikonfirmasi, Rabu (15/1).

Kerugian asuransi Asabri mencapai triliunan rupiah
Logo ASABRI (Foto: antaranews)

KPK, kata Ghufron sudah berkoordinasi dengan BPK terkait adanya dugaan korupsi di PT Asabri. Saat ini, KPK masih menunggu hasil audit dugaan korupsi PT Asabri di tataran internal BPK.

"Kami sudah koordinasi dengan BPK. Masih menunggu hasil audit dari BPK yang rencana akan di sampaikan pada kamis besok. kami sudah berkoordinasi secara intens untuk menangani perkara ini," ujarnya.

BPK memperkirakan bahwa potensi kerugian yang dialami PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) mencapai Rp 16 triliun.

BPK hingga kini masih mengumpulkan data terkait adanya kerugian negara pada perusahaan asuransi yang diperuntukan untuk pensiunan TNI dan Polri berpangkat rendah ini.

Baca Juga:

KPK Siap Kerjasama dengan BPK Usut Dugaan Korupsi di Asabri

"Baru perkiraan, BPK sedang mengumpulkan data dan informasi di perkirakan potensi kerugian Rp 10-16 triliun," kata anggota BPK Harry Azhar saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/1).

Menurut Harry setelah rampung mengumpulkan data, BPK berencana menyerahkannya ke KPK. Dengan demikian, dugaan korupsi di perusahaan pelat merah itu dapat ditindaklanjuti oleh KPK.

"Iya akan diserahkan ke KPK," pungkasnya.(Pon)

Baca Juga:

DPR Sarankan Pemerintah Prioritaskan Kasus Jiwasraya Ketimbang Asabri

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH