KPK Periksa Panitera MK Terkait Kasus Pencucian Uang Muchtar Effendi Gedung KPK. Foto: Ist

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) Kasianur Sidauruk sebagai saksi dalam kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Muchtar Effendi.

"Kami (diperiksa) ada kaitannya dengan pencucian uang yang dilakukan oleh Muchtar Effendi. Ya hanya didengar sebagai saksi," kata Kasianur usai diperiksa di Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/3).

Dalam kasus ini, Kasianur mengaku dicecar dengan 32 pertanyaan oleh tim penyidik KPK. Puluhan pertanyaan itu masih berkaitan dengan kedekatan Muchtar Effendi dengan mantan Ketua MK, M Akil Mochtar.

"Saya hanya ditanya apakah kenal dengan beliau (Muchtar Effendi) dan sebagainya yang mengenai kaitannya dengan Akil Muchtar kan kita ndak tahu. Selaku Ketua MK ketika itu. Itu saja kok nggak ada yang baru," ungkapnya.

KPK menduga Muchtar Effendi berperan sebagai gatekeeper dalam kasus TPPU yang menjerat mantan Ketua MK, Akil Mochtar.

Lembaga antirasuah sejauh ini belum mengumumkan penetapan Muchtar Effendi sebagai tersangka kasus dugaan TPPU

Muchtar merupakan terpidana perkara pemberian keterangan palsu di persidangan sengketa Pilkada Empat Lawan dan Palembang dengan terdakwa, Akil Mochtar.

Selain itu, Muchtar saat ini berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait sengketa Pilkada di Kabupaten Empat Lawang dan Kota Palembang.

Muchtar diduga sebagai perantara suap untuk Akil dan berperan aktif menyamarkan asal-usul harta kekayaan yang diperoleh dari tindak pidana korupsi. KPK pernah menyita sekitar 25 unit mobil yang berkaitan dengan Muchtar. (Pon)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH