KPK Periksa Inneke Koesherawati Terkait Korupsi Perusahaan Sang Suami Artis Inneke Koesherawati dikerumuni wartawan setelah menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Antaranews)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap aktris Inneke Koesherawati, pada hari ini. Dia akan diperiksa sebagai sa‎ksi untuk penyidikan kasus dugaan korupsi yang menyeret korporasi PT Merial Esa (ME).

Istri dari terpidana korupsi Fahmi Darmawansyah tersebut telah datang memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Sebelumnya, Inneke absen alias tidak hadir saat dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi pada Senin, 1 Juli 2019, pekan lalu.

"Iya, penjadwalan ulang hari ini. Saksi untuk tersangka Merial Esa," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (8/7).

Inneke Koesherawati saat mendampingi suaminya Fahmi Darmawansyah saat menjalani sidang korupsi Bakamla. (Foto: Antara)
Inneke Koesherawati saat mendampingi suaminya Fahmi Darmawansyah saat menjalani sidang korupsi Bakamla. (Foto: Antara)

Baca Juga: KPK Periksa Eks Kalapas Sukamiskin dan Suami Inneke Koesherawati

Belum diketahui apa yang akan digali penyidik dari artis era 80 an itu. Diduga, lembaga antirasuah akan menelusuri aliran uang serta konstruksi perkara untuk tersangka PT Merial Esa.

Sebelumnya, KPK menetapkan PT Merial Esa (ME) sebagai tersangka korporasi kasus dugaan suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Perusahaan yang dipimin suami Inneke itu diduga secara bersama-sama atau membantu memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada anggota DPR RI Fayakhun Andriadi.

Pada 2016, Direktur PT Rohde dan Scwarz Indonesia yang juga komisaris PT ME, Erwin Syaaf Arief menghubungi Fayakhun untuk mengupayakan agar proyek satelit monitoring di Bakamla dapat dianggarkan dalam APBN-Perubahan tahun 2016.

Adapun total commitment fee dalam proyek ini adalah tujuh persen. Dari tujuh persen tersebut, satu persen diperuntukkan untuk Fayakhun karena telah membantu meloloskan proyek tersebut di DPR.
Sebagai realisasi commitment fee, Fahmi Darmawansyah selaku Direktur PT ME memberikan uang setara Rp 12 miliar sebanyak empat tahap melalui rekening di Singapura dan China. (Pon)

Baca Juga: Didampingi Pria Besar, Inneke Koesherawati Cepat-cepat Keluar Gedung KPK

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH