KPK Periksa Auditor BPK Terkait Kasus Suap Proyek Air Minum Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Sub Auditoriat IV A BPK, Sepriyadi terkait kasus dugaan suap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) milik Kementerian PUPR.

Dia akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Komisaris PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminarta Prasetyo.

Baca Juga

KPK Periksa Komisaris Utama Nindya Karya Terkait Kasus Suap Proyek Air Minum

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka LJP (Leonardo Jusminarta Prsetyo)," kata Juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (14/10).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

Selain Sepriyadi, penyidik juga memanggil 3 saksi lain yang terdiri dari Direktur Proposal PT Bayu Surya Bakti Konstruksi (BSBK), Dani Parmawanti Suparmo, serta dua orang mantan Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE), Lily Sundarsih, dan Budi Suharto.

"Ketiganya diperiksa untuk tersangka yang sama," jelas Febri.

Baca Juga

KPK Garap Eks Irjen Kementerian PUPR Terkait Suap Proyek Air Minum

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang sebagai tersangka. Kedua orang itu yakni Rizal Djalil dan Komisaris PT Minarta Dutahutama Leonardo Jusminarta Prasetyo.

KPK menduga Rizal menerima suap sebesar SGD100 ribu dari Leonardo. Suap itu diduga agar perusahaan Leonardo dibantu Rizal mendapatkan proyek SPAM Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan anggaran Rp79,27 miliar.

Baca Juga

Anggota BPK Rizal Djalil Tantang KPK Ungkap Suap Proyek Air Minum

Rizal selaku Anggota IV BPK sebelumnya pernah menandatangani Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu pada Direktorat SPAM Kementerian PUPR. Kasus ini merupakan pengembangan dari perkara yang menjerat 4 pejabat Kementerian PUPR. (Pon)

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH