KPK Minta Keterangan Ajudan Setya Novanto terkait Anang Sugiana Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap ajudan mantan Ketua DPR Setya Novanto, Corneles Towolio terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Corneles bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solutions Anang Sugiana Sudihardjo

"Corneles Towolio dibutuhkan keterangannya sebagai saksi untuk tersangka ASS (Anang Sugiana Sudihardjo)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dimintai konfirmasi, Jumat (9/2).

Cornelus juga pernah diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi yang ditaksir merugikan negara Rp 2,3 triliun ini. Namun, dia diperiksa sebagai saksi untuk Setnov yang saat itu berstatus tersangka.

Dalam kasus ini, Anang telah mengajukan diri sebagai pihak yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau sebagai justice collaborator (JC).

Menurut Febri, tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP itu mengajukan JC sejak pertengahan Januari 2018. Penyidik sudah menerima permohonan tersebut.

KPK menetapkan Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka korupsi e-KTP sejak 27 September 2017 lalu. Direktur Utama PT Quadra Solution itu juga telah ditahan di Rutan KPK sejak 9 November 2017.

PT Quadra Solution adalah salah satu perusahaan yang tergabung dalam konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) sebagai pelaksana proyek e-KTP KTP yang terdiri dari Perum PNRI, PT LEN Industri, PT Quadra Solution, PT Sucofindo, dan PT Sandipala Artha Putra.

Anang, Setnov, Andi Narogong dan dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto diduga kuat telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun dari proyek e-KTP.

KPK menjerat Anang dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Pon)

Baca juga berita lain terkait Setya Novanto di: Setya Novanto Tertawa Dengar Pernyataan "This Is My War" SBY

Kredit : ponco


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH