KPK Kembali Periksa Sekjen Kemenag Terkait Suap Jual Beli Jabatan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 13 Mei 2019
KPK Kembali Periksa Sekjen Kemenag Terkait Suap Jual Beli Jabatan
Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan saat menunggu panggilan penyidik untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/3/2019). - ANTARA/Reno Esnir

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ‎kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekjen Kementerian Agama (kemenag) Nur Kholis Setiawan terkait kasus dugaan suap jual-beli jabatan di Kemenag yang menjerat eks Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Romi.

Nur Kholis akan diperiksa sebagai saksi untuk dua tersangka yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK. (MP/Ponco Sulaksono)
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah

"Diperiksa sebagai saksi untuk MFQ (Muhammad Muafaq Wirahadi) dan HRS ((Haris Hasanuddin)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (13/5).

Saat dikonfirmasi terkait kedatangan Sekjen Kemenag itu, Febri menjelaskan bahwa pihaknya perlu mengklarifikasi sejumlah hal kepada Nur Kholis. Pasalnya, lembaga antirasuah akan menyelesaikan penyidikan untuk kedua tersangka tersebut.

"Ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi untuk penajaman bukti-bukti menjelang finalisasi proses penyidikan untuk pemberi (HRS dan MFQ)," jelas Febri.

Dalam perkara ini, tim penyidik telah menggeledah sejumlah lokasi yakni Kantor Kemenag, DPP PPP dan rumah Romahurmuziy. Di Kemenag, KPK menyita uang tunai senilai ratusan juta Rupiah dalam bentuk Rupiah dan Dollar Amerika Serikat dari ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sementara di dua ruangan lainnya yang digeledah, yakni ruang kerja Sekjen Kemaenag Nur Kholis Setiawan dan ruang Kabiro Pegewaian, KPK menyita sejumlah dokumen penting terkait perkara ini.

Di Kantor DPP PPP, KPK menyita sejumlah dokumen terkait kepengurusan dan posisi Romi di DPP PPP. Selain itu, KPK juga menyita barang bukti elektronik, termasuk laptop saat menggeledah rumah Rommy.

Tim penyidik juga menggeledah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur dan Gresik. Sejauh ini, tim penyidik telah menyita sejumlah dokumen penting terkait perkara jual beli jabatan yang turut menjerat Kakanwil Kemag Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi tersebut.

Sekjen Kementerian Agama (kemenag) Nur Kholis Setiawan
Sekjen Kementerian Agama (kemenag) Nur Kholis Setiawan

Rommy ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin. ‎Keduanya diduga sebagai pemberi suap terhadap Rommy

alam perkara ini, Muafaq dan Haris diduga telah menyuap Rommy untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag. Adapun, Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sedangkan Haris, mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. (Pon)

#Kementerian Agama #Komisi Pemberantasan Korupsi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan