KPK Kantongi Nama Pejabat Kemenag yang Diduga Terlibat Suap Jual Beli Jabatan

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama pejabat Kementerian Agama (Kemenag) yang diduga ikut terlibat suap jual-beli jabatan di Kemenag. KPK menduga pejabat tersebut bekerjasama dengan mantan Ketum PPP, Romahurmuziy (Romi) dalam kasus suap jual-beli jabatan di Kemenag.

"Tentu kami sudah mengidentifikasi siapa pejabat di pihak Kementerian Agama yang diduga bersama-sama melakukan perbuatan dengan RMY (Romi)" kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (12/4) malam.

Namun, Febri enggan mengungkap nama pejabat yang bakal dimintai pertanggungjawaban secara hukum atas dugaan suap tersebut. Yang jelas, kata Febri, pihaknya sedang menajamkan bukti dugaan keterlibatan pejabat Kemenag dalam sengkarut dugaan suap jual beli jabatan tersebut.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (MP/John Abimanyu)
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (MP/John Abimanyu)

"Inilah Kami melakukan penajaman-penajaman bukti dan penelusuran pihak-pihak lain yang juga terlibat bersama-sama," ujar Febri.

Salah satu upaya dalam mendalami dan mengembangkan kasus suap ini dilakukan lembaga antirasuah dengan memeriksa sejumlah saksi. Seperti sejumlah staf khusus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saefuddin dan panitia pelaksana seleksi jabatan pimpinan tinggi di Kemenag.

Penyidik KPK juga telah memeriksa Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, M. Nur Kholis Setiawan dan Kepala Biro Kepegawaian Kemenag, Ahmadi.

"Karena itulah pemeriksaan-pemeriksaan juga perlu dilakukan saat ini terhadap panitia seleksi sudah kami periksa dan juga staf staf khusus dari Menteri Agama juga sudah kami periksa dalam proses penyidikan," kata Febri.

Dalam perkara ini, Romi bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemena Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kemenag.

Muafaq dan Haris diduga telah menyuap Romi untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag. Adapun, Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sedangkan Haris, mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. (Pon)

Baca Juga: Ada Dugaan Jual Beli Jabatan di Kemenag, Ini Kata Lukman Hakim

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH