KPK Geledah Kantor BNPB dan LKPP Terkait Kasus APD

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 21 November 2023
KPK Geledah Kantor BNPB dan LKPP Terkait Kasus APD
Ilustrasi. KPK (Antara)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan alat perlindungan diri (APD) COVID-19 di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dalam mengusut kasus tersebut, KPK menggeledah kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kantor Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, dan ruangan di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Baca Juga:

KPK Amankan Dokumen Catatan Keuangan dari Rumah Kajari Bondowoso

"Tim penyidik beberapa waktu lalu telah melaksanakan upaya paksa berupa tindakan penggeledahan di wilayah Jabodetabek dan Surabaya," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (21/11).

Ali mengatakan, im penyidik KPK juga menggeledah rumah para tersangka kasus dugaan korupsi yang merugikan negara ratusan miliar tersebut.

Dari penggeledahan ini, tim penyidik mengamankan sejumlah dokumen penting. Salah satunya, catatan keuangan dan aliram uang ke berbagai pihak.

Baca Juga:

Eks Penyidik KPK Sebut Firli Bahuri Panik dan Mainkan Isu Serangan Balik Koruptor

"Termasuk adanya transaksi pembelian aset-aset bernilai ekonomis dari para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini," ujarnya.

Lebih lanjut Ali menambahkan, berbagai barang bukti itu disita untuk dianalisis tim penyidik. Nantinya barang bukti yang disita akan dikonfirmasi kepada para tersangka dan saksi saat proses pemeriksaan. (Pon)

Baca Juga:

IM57+ Institute Minta Firli Bahuri Berhenti Berlindung di Balik Tameng KPK

#Kasus Korupsi #KPK #COVID-19 #Kemenkes #BNPB
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan