KPK Gagal Geledah Kantor DPP PDIP, Bukti Pelemahan Nyata Adanya

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 14 Januari 2020
KPK Gagal Geledah Kantor DPP PDIP, Bukti Pelemahan Nyata Adanya
Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa. (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Politikus Gerindra Desmond J Mahesa menilai saat ini telah terjadi pelemahan terhadap KPK. Buktinya, dia merujuk batalnya penyegelan kantor DPP PDI-P oleh KPK terkait operasi tangkap tangan terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan membuktikan indikasi itu.

"Jadi kalau ada pelemahan, produk pelemahan ya terjadi hari ini," kata Desmond, kepada wartawan yang dikutip di Jakarta, Selasa (14/1).

Baca Juga:

Kabarnya KPK Mau Geledah Ruang Sekjen PDIP Hasto, Ini Jawaban Djarot

Desmond kembali mengingatkan satu penyebabnya pelemahan KPK karena adanya keberadaan Dewan Pengawas KPK berdasarkan UU KPK 19/2019.

"Faksi Gerindra menolak kan. Menolak Dewas seperti ini," tegas Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Penyidik KPK tampak mulai menggeledah Kantor KPU
Petugas KPK dikawal sejumlah personel kepolisian di kantor tempat pimpinan KPU bekerja, di Jakarta, Senin, (13/1/2020) (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Baca Juga:

Gagal Geledah Kantor DPP PDIP Bukti Ribetnya Birokrasi di KPK Pasca UU Baru

Lebih jauh, Desmond mengingatkan perlu keberanian Ketua KPK dan Komisioner baru lain untuk membuktikan pada publik bahwa KPK tetap bertaring dan tidak dilemahkan.

"Bagaimana komisioner dan dewas membuktikan ini. Kalau contoh seperti ini (penggeledahan) tidak terselesaikan, makin betul bahwa jangan berharap lagi dengan KPK," tutup

Diketahui, penyelidik KPK batal mengamankan satu ruang di DPP PDIP usai melakukan operasi tangkap tangan komisioner KPU Wahyu Setiawan pada 8 Januari lalu. Alasannya, KPK tak memiliki surat izin penggeledahan.

Namun menurut Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, penyelidik bukan mau menggeledah, tapi hanya memasang garis KPK. Kemudian dihalangi oleh sekuriti yang menjaga DPP PDIP. Sehingga penyelidik batal menyegel. (Knu)

Baca Juga:

Penyidik KPK Geledah Kantor KPU Cari Bukti Pidana Wahyu Setiawan

#Ott Kpk #PDIP # Desmond J. Mahesa
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan