KPK Dukung KPU Umumkan Caleg Eks Koruptor Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan para calon anggota legislatif yang berstatus sebagai mantan terpidana korupsi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan hal tersebut penting dilakukan agar publik mengetahui siapa saja calon wakil rakyat yang pernah terjerat kasus korupsi.

"Bagus ya, kalau KPU akhirnya realisasikan niat tersebut karena sebelumnya kan itu pernah disampaikan ke KPK dan kami bilang bahwa sepanjang sesuai dengan aturan yang berlaku KPK sangat mendukung," kata Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/1).

Menurut Febri, sikap KPU ini mencerminkan dukungan terhadap pemberantasan korupsi. Di samping itu agar masyarakat bisa benar-benar memilih calok pemimpin dengan latar belakang yang baik.

Logo KPU
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Foto/kpu-karangasemkab.go.id)

"Apalagi KPK sudah menangani ratusan anggota DPR RI, lalu anggota DPRD dan juga kepala daerah atau ratusan pelaku kasus korupsi di sektor politik tersebut," jelasnya.

"Jangan sampai kemudian di tahun 2019 ini terpilih lagi orang-orang yang sudah pernah lakukan korupsi sebelumnya," kata Febri menambahkan.

Lebih lanjut Febri menambahkan, lembaga antirasuah juga mendorong masyarakat untuk memberikan masukan kepada pihak terkait bila masih menemukan nama caleg lainnya yang pernah terjerat kasus korupsi.

Sebelumnya, KPU berencana mengumumkan daftar nama calon anggota legislatif mantan narapidana kasus korupsi melalui sejumlah platform.‎ Selain diumumkan lewat situs resmi KPU, daftar caleg mantan kasus korupsi juga akan diumumkan lewat media massa, cetak maupun elektronik.(Pon)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Dianggap Mendekati Kaffah

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH