KPK Datangi Kantor Partai Demokrat, SBY Happy Susilo Bambang Yudhoyono di DPP Demokrat (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Pimpinan dan jajaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Kehadiran lembaga antirasuah itu dalam rangka melakukan diskusi bertajuk 'Sistem Integritas Partai Politik' dengan pejabat teras Partai Demokrat.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima langsung kedatangan pimpinan KPK ‎yang diwakili oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan bersama Direktur Gratifikasi KPK Giri Supriardiono serta jajarannya.

Selain SBY dan Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, seluruh pengurus Partai Demokrat turut duduk bersama dalam diskusi yang bertujuan untuk menjalin sinergi antara KPK dan Partai Politik guna memberantas korupsi di tanah air.

"Karena kita tahu ada beberapa permasalahan di sektor politik. Kita tahu partai politik adalah lembaga yang tidak dipercaya, diikuti oleh DPR. Ini berdasarkan hasil survei," kata Basaria dalam sambutannya.

Sementara itu, SBY menyambut positif adanya pertemuan ini. Dia berharap, pertemuan ini menjadi momentum‎ untuk bersinergi membersihkan negara ini dari penyakit kronis bangsa bernama korupsi.

‎"Alhamdulilah hari ini adalah hari penting karena secara formal KPK hendak melakukan kolaborasi positif untuk sama-sama mengemban tugas yang amat mulia yaitu mencegah dan memberantas korupsi di negeri ini," ujar SBY.

Menurut Presiden keenam RI ini, prakarsa yang dilakukan lembaga yang dipimpin Agus Rahardjo itu harus didukung semua pihak yang berkomitmen untuk‎ perang melawan korupsi.

"Prakarsa KPK ini baik karena bekerjasama dengan semua parpol mengingat banyak penyakit politik dan penyakit demokrasi yang sebagian dari penyakt itu menjadi tugas KPK untuk memberantasnya," tegas SBY.

Setelah menyampaikan sambutannya, kedua pihak langsung melakukan pembahasan terkait sistem integritas partai politik dalam mencegah korupsi. Namun, pertemuan itu dilakukan secara tertutup. (Pon)

Baca juga berita terkait audiensi politi berintegritas di: Audiensi Politik Berintegritas, KPK Bakal Sambangi NasDem dan Demokrat



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH