KPK Cecar Menag Lukman Hakim Soal Uang di Laci Meja Kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin tiba di Gedung KPK (MP/Ponco)

MerahPutih.Com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin rampung menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lukman diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Romi dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Usai diperiksa, Lukman mengaku ditanyai sejumlah hal. Dari seleksi jabatan sampai masalah uang dalam laci kerjanya yang kini disita lembaga antirasuah. Namun, politisi PPP itu enggan merincikannya.

"Ya tentu banyak sekali pertanyaan, saya tidak hapal lagi, banyak," kata Lukman ‎di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/5).

Disinggung masalah uang ratusan juga dilaci kerja, Lukman membenarkan bahwa uang tersebut disita KPK‎. Namun dia membantah itu uang suap.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menag Lukman Hakim Saifuddin memiliki wewenang penuh dalam pengangkat kepala kantor wilayah Kemenag (Foto: antaranews)

"Iya, termasuk itu saya jelaskan bahwa semua itu adalah akumulasi dari pertama dana operasional menteri yang saya simpan dalam laci meja kerja saya lalu juga sebagian dari honorarium yang saya terima dalam saya memberikan kegiatan-kegiatan pembinaan, ceramah-ceramah, baik di internal Kementerian Agama maupun di luar Kementerian Agama," ungkap Lukman.

Lukman menambahkan, biasanya bila uang perjalanan dinas dalam dan luar negeri‎ masih tersisa, dia taruh ke dalam laci kerjanya. Tapi Lukman tak ingat berapa jumlah seluruh uang tersebut.

‎"Juga sebagian merupakan sisa dana perjalanan saya baik perjalanan dinas dalam negeri maupun perjalanan dinas keluar negeri. Dari semua itu adalah akumulasi dari ketiga sumber tadi yang lalu kemudian biasa saya simpan di laci meja kerja saya," kata Lukman.

Sebaliknya KPK menduga uang ratusan juta itu masih berkaitan dengan perkara yang ditangani, karenanya disita usai penggeledahan beberapa waktu lalu.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH