KPK Bantah Setya Novanto Diisolasi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 05 Desember 2017
KPK Bantah Setya Novanto Diisolasi
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (duduk di kursi roda) dipindahkan dari RSCM ke Rutan KPK, Jakarta, Senin (20/11) dini hari. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi tersangka kasus korupsi e-KTP Setya Novanto diisolasi di tahanan.

"Saat ini yang boleh jenguk yang ada di daftar yang telah disepakati, termasuk di dalam daftarnya ada kuasa hukum," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/12).

Novanto kini mendekam di ruang tahanan KPK. Priharsa menambahkan Novanto boleh dijenguk di hari jenguk, yaitu hari Senin dan Kamis.

"Yang perlu diklarifikasi adalah sampai dengan saat ini belum pernah ada surat meminta jenguk dari rohaniawan maupun dokter itu," tutur Priharsa.

Klarifikasi KPK terkait pernyataan dari pihak kuasa hukum Novanto terkait penolakan terhadap dokter dan rohaniawan.

Priharsa menjelaskan bagi pihak-pihak yang ingin menjenguk, prosedurnya menyampaikan permohonan ke penyidik. Kemudian penyidik akan mempertimbangkan apakah diperkenankan atau tidak.

Novanto didakwa telah melakukan korupsi proyek pengadaan e-KTP yang merugikan negara Rp 2,3 triliun dari nilai paket pengadaan sekitar Rp 5,9 triliun dalam pengadaan paket penerapan e-KTP 2011-2012 Kemendagri.

Ketua Umum Partai Golkar itu disangkakan pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Novanto ditetapkan kembali menjadi tersangka kasus korupsi e-KTP pada Jumat (10/11). Saat ini, Novanto juga telah mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang perdana akan digelar pada Kamis (7/12) setelah sebelumnya sempat ditunda selama satu pekan. (*)

Sumber: ANTARA

#Setya Novanto #KPK
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan