KPK Amankan Tujuh Orang dan Sejumlah Uang Dalam OTT di Batubara Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan tujuh orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Satu di antara pelaku yang di amankan yaitu Bupati Batubara berinisial OK AZ.

"Kami mengamankan sekitar tujuh orang sampai dengan saat ini yang dibawa ke Polda Sumut, ada unsur penyelenggara negara di sana ada unsur pejabat daerah seperti kepala dinas dan ada unsur swasta serta Kepala Daerah," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/9).

Dalam operasi senyap itu, tim juga mengamankan sejumlah uang. Kasus ini diindikasikan terkait penerimaan hadiah atau janji berupa fee pengurusan sejumlah proyek yang ada di Batubara.

"Kami punya waktu 24 jam sampai status pihak-pihak yang diamankan bisa disimpulkan melalui proses hukum yang berlaku," jelas Febri.

OK AZ merupakan Bupati Batubara dua periode. Dia terpilih pada Pilkada Batubara tahun 2008, bersama pasangannya Gong Matua Siregar.

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu menang kembali pada pemilihan bupati 2013, bersama pasangannya Harry Nugroho.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan bersama Bupati Batubara tersebut. (Pon)

Baca juga berita terkait OTT Bupati Batubara di: Ketua KPK Benarkan Pihaknya OTT Bupati Batubara


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH