KPK Akan Hadiri Sidang Praperadilan Jilid II Setya Novanto Ketua DPR Setya Novanto (kanan) memasuki mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/11). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan akan kembali menggelar sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto atas statusnya sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Kamis (7/12).

Sidang praperadilan Ketua Umum DPP Partai Golkar nonaktif itu sempat ditunda oleh hakim tunggal Kusno lantaran Tim Biro Hukum KPK tak hadir saat sidang dibuka pekan lalu Kamis (30/11).

Juru Bicara KPK Febri Diasnyah memastikan pihaknya bakal menghadiri sidang praperadilan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan proyek e-KTP tersebut.

"Kita akan hadir karena jadwal praperadilannya sudah ditunda satu minggu ya," ujar Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Febri menuturkan bahwa KPK telah siap menghadapi Setnov dalam praperadilan kedua kalinya ini. Selain itu, pihaknya juga menghormati keputusan hakim yang telah menunda sidang selama sepekan.

"Tentu kita hormati apa yang dputuskan oleh hakim ya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," tuturnya.

Pada sidang sebelumnya, Tim Biro Hukum KPK tidak hadir lantaran mengaku masih ada sejumlah dokumen yang perlu disiapkan. KPK meminta sidang ditunda tiga minggu, namun hakim hanya mengabulkan seminggu.

Diketahui, sidang ini merupakan jilid II dari pertarungan antara Setnov dengan KPK dalam praperadilan. Pasalnya, status tersangka Setnov gugur setelah hakim tunggal Cepi Iskandar memenangkan gugatannya pada praperadilan Jilid I pada 29 September 2017 lalu.

Namun, dalam proses sidang praperadilan jilid II ini, lembaga antirasuah lebih dulu melimpahkan berkas perkara Setnov ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. KPK kini tengah menunggu penetapan majelis hakim dan jadwal persidangan. (Pon)

Baca juga berita lainnya terkait Setya Novanto dalam artikel: Ini Alasan DPD I Golkar Papua Dukung Airlangga Gantikan Setya Novanto



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH