KPI Larang Banci Tampil di TV dan Radio (Foto: bangkok.coconuts)

MerahPutih Nasional - Seiring ramainya pembicaraan tentang Lesbian Gay Biseks Transjender alias LGBT di ranah publik, akhirnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) membuat larangan kepda stasiun TV atau pun Radio untuk tidak menyiarkan tayangan yang berhubungan dengan LGBT.

Melalui website resminya, KPI menyatakan siaran TV yang menayangkan sosok LGBT melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI tahun 2012.

“Aturan dalam P3 & SPS itu sudah jelas, baik tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesusilaan dan kesopanan, ataupun tentang perlindungan anak dan remaja yang melarang adanya muatan yang mendorong anak dan remaja belajar tentang perilaku tidak pantas dan/ atau membenarkan perilaku tersebut,” ungkap Wakil Ketua KPI Pusat Idy Muzayyad seperti yang dikutip dari KPI.go.id.

“Salah satunya untuk terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa”, tambah Idy.

Sejak 13 Februari 2016, KPI membuat surat edaran agar stasiun TV tidak menanyangkan lelaki berpakaian, berprilaku berpenampilan seperti perempuan. Ada 7 indikator yang termasuk kedalam larangan itu, salah satunya soal pria yang berpakaian, rias, gestur atau bahasa tubuh juga sapaan yang kewanitaan.

KPI sendiri berharap meskipun regulasi sudah jelas memberikan pembatasan dan larangan, hati nurani pelaku industri penyiaran ikut digunakan. Ke depan, ujar Idy, bila diperlukan akan dibuat batasan yang lebih rinci lagi di P3 & SPS, agar TV dan radio tidak salah dalam penayangan program terkait LGBT. Sikap KPI ini sejalan dengan sikap Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah yang menolak promosi dan legalisasi terhadap LGBT.

BACA JUGA:

  1. Forum Umat Islam Yogyakarta: Dengan Tegas, Kami Tolak LGBT
  2. Saipul Jamil itu Kelainan Seksual atau LGBT ?
  3. Ketua PBNU Kecam Maraknya LGBT dalam Masyarakat
  4. Tidak Cuma Tumblr, Ratusan Akun LGBT Juga Tersebar di Twitter
  5. Pemimpin Ponpes Al Fatah: Isu LGBT Ingin Goyang Jokowi

 

 


Tags Artikel Ini

Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH