KPAI MInta Orangtua Arahkan Anak ke Jiwa Toleran

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 21 Maret 2018
KPAI MInta Orangtua Arahkan Anak ke Jiwa Toleran
Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati. (kpai.go.id)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Rita Pranawati meminta orang tua untuk turut mengarahkan buah hatinya memiliki jiwa toleransi dalam menyikapi perbedaan sikap teman sebayanya terlebih terdapat fenomena anak menyukai partai politik atau calon tertentu.

Rita menengarai terdapat fenomena anak yang belum memiliki hak pilih dalam pemilu tetapi memiliki idola tertentu. Bahkan dalam beberapa kejadian terjadi teman merundung teman lainnya karena memiliki perbedaan idola partai atau calon tertentu.

"Kadang anak-anak kecil itu 'membully' karena partai idolanya beda dengan temannya," kata Komisioner KPAI bidang Pengasuhan, Rita seperti dilansir Antara, Selasa (20/3).

Dalam kejadian anak seperti di atas, Rita menekankan pentingnya peran orang tua dan orang dewasa untuk ikut mengarahkan anak supaya lebih toleran terhadap temannya yang memiliki perbedaan pandangan.

Menurut dia, anak bisa diajarkan sejak dini mengenai pendidikan politik, misalnya terdapat banyak partai di Indonesia menunjukkan adanya keragaman.

"Itu harus diajarkan bagi anak untuk secara terbuka, anak bisa menilai lagi karena tahu. Prinsipnya, dia harus menghormati keragaman dan menghormati pilihan orang lain tanpa 'membully'. Beda tidak apa-apa tapi tetap berteman," kata dia.

Kepedulian anak dalam isu-isu politik, kata dia, tidak boleh dibendung karena berpotensi mematikan jiwa kritis anak. Walau bagaimanapun beda pendapat di manapun termasuk lingkungan keluarga itu tidak masalah.

"Anak yang asertif dapat menyampaikan pendapatnya. Dia tidak harus terkungkung pendapat orang lain. Perlu diarahkan bahwa keragaman di Indonesia itu alami. Kealamian itu harus menjadi pelajaran bagi anak-anak kita," kata dia. (*)

Baca juga berita terkait di:

#KPAI
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan