KPAI Minta Dinas Pendidikan Cegah Ratusan Pelajar yang ikut Aksi Hari Ini Komisioner Bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti.(Antaranews)

MerahPutih.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengajak Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk mengambil tindakan pencegahan agar pelajar sekolah tidak ikut aksi hari ini.

Komisioner KPAI, Retno Listyarti meminta Kadisdik segera membuat edaran melalui Whatsapp yang ditujukan kepada Para Kepala Sekolah SMA atau SMK untuk berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan seluruh wali-wali kelas. Mereka diminta melakukan komunikasi dengan orangtua siswa melalui WA grup-grup orangtua.

Baca Juga:

Polresta Surakarta Temukan Grup Whatsapp 'SMK Se-Indonesia Melawan' di Ponsel Pelajar SMK

"Hal itu untuk mengecek keberadaan siswa dan memastikan para siswa pulang ke rumah masing-masing, kalau perlu orangtua langsung menjemput ke sekolah di jam pulang nanti," tutut Retno di Jakarta, Senin (30/9).

KPAI mendapatkan laporan masyarakat berupa poster-poster ajakan aksi demo besar hari ini pukul 13.00 WIB.

Ratusan pelajar berbuat rusuh dan melempari polisi dengan petasan
Ratusan pelajar berbuat rusuh dengan melempar petasan ke arah polisi (MP/Kanu)

Pada pukul 08.00 WIB KPAI mendapatkan pengaduan melalui aplikasi WA terkait 119 daftar SMK yang diduga ikut dalam aksi demonstrasi.

KPAI juga berkoordinasi dengan para pejabat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI agar bisa antisipasi atau pencegahan.

Baca Juga:

Polisi Lakukan Penangkapan Massal, 570 Pelajar Sudah Diamankan

KPAI juga akan komunikasi dengan pihak Polda untuk mengantisipasi agar anak-anak yang berada di lokasi aksi tetap ditangani sesuai prosedur dan menghindari kekerasan terhadap anak-anak tersebut. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH