KPAI Ingatkan Bawaslu Soal Politik Masuk Lingkungan Sekolah KPAI saat audiensi bersama jajaran Bawaslu. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengingatkan Bawaslu untuk melakukan pengawasan di lingkungan sekolah jelang kampanye politik Pilkada Serentak ini.

Pasalnya, bukan rahasia lagi jika sekolah kerap dijadikan lokasi kampanye terselubung pasangan calon.

"Perlu diwaspadai adalah sekolah, terutama SMA/SMK yang seharusnya tempat yang zero politik bisa digunakan untuk kampanye terselubung," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti usai melakukan audiensi bersama jajaran Bawaslu, Jumat (9/2).

Retno menduga, masuknya politik praktis ke dalam lingkungan sekolah dikarenakan adanya dukung-mendukung dari Guru PNS untuk pasangan calon.

"Pelaku kampanye terselubung adalah para guru PNS maupun non-PNS yang strategis mempengaruhi para siswanya. Bawaslu perlu mewaspadai ini, meski ASN harus netral," ujarnya.

Makanya, tak mengherankan jika pemilihan kepala daerah selesai, banyak kepala sekolah berganti posisi.

"Bukan cerita baru saat usai Pilkada maka terjadi pergantian kepala sekolah besar-besaran untuk memberi jabatan para guru yang masuk timses kepala daerah terpilih," kata dia.

Untuk itu dalam rangka mewujudkan Pilkada Serentak yang ramah anak, maka KPAI beraudiensi ke Bawaslu RI, mengingat tugas dan fungsi utamanya sebagai pengawas pemilu, termasuk Pilkada. (Fdi)

Baca juga terkait di: Pihak Sekolah Bantah Korban Bully "Mirip Ahok" Mendapat Kekerasan Fisik

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH