Kotak Hitam Kedua China Eastern Terpendam 1,5 Meter di Bawah Tanah

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 27 Maret 2022
Kotak Hitam Kedua China Eastern Terpendam 1,5 Meter di Bawah Tanah
Penyelamatan di lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines di wilayah Tengxian, Daerah Otonomi Guangxi, China selatan, Jumat (25/3/2022). (ANTARA/Xinhua/Lu Boan/wsj)

MerahPutih.com - Pusat Tanggap Darurat Nasional China telah menemukan kotak hitam kedua dari pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di perbukitan Daerah Otonomi Guangxi pada Minggu pagi (27/3).

Kotak hitam kedua tersebut ditemukan terpendam di kedalaman 1,5 meter lapisan tanah perbukitan Kabupaten Tengxian, Guangxi.

Baca Juga:

Pemilu Pakai E-Voting, Ganjar: Yang Penting Soal Kepercayaan

Pesawat jenis Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines jatuh dalam posisi vertikal dari ketinggian hampir 9.000 meter dan menghunjam ke tanah perbukitan di wilayah selatan China itu pada Senin (21/3).

Pesawat penumpang domestik bernomor penerbangan MU-5737 tersebut jatuh dalam perjalanan dari Kunming, Provinsi Yunnan, menuju Guangzhou, Provinsi Guangdong.

Kotak hitam pertama telah ditemukan petugas pada Rabu (23/3) malam dan telah dikirimkan ke Beijing untuk dipelajari lebih lanjut.

Tim penyelamat membawa potongan puing pesawat pesawat China Eastern. (Foto: Antara)
Tim penyelamat membawa potongan puing pesawat pesawat China Eastern. (Foto: Antara)

Kedua kotak hitam berisi data terakhir penerbangan dan rekaman percakapan di kokpit.

Data-data yang terekam bakal mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan udara terburuk di China dalam 12 tahun terakhir itu.

Sementara itu, otoritas setempat pada Sabtu (26/3) malam secara resmi mengumumkan bahwa 132 orang di dalam pesawat nahas yang terdiri dari 123 orang penumpang dan sembilan kru dinyatakan tewas.

Sebanyak 114 jasad penumpang dan enam awak telah berhasil diidentifikasi.(*)

Baca Juga:

E-Sports tak Melulu Negatif

#Pesawat #Pesawat Jatuh
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan