Kota Solo Gelar Festival Jenang 2016

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 13 Februari 2016
Kota Solo Gelar Festival Jenang 2016
Festival Jenang Solo (Foto akun Twitter @festivaljenang)

MerahPutih Kuliner - Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Solo yang ke-271 akan digelar Festival Jenang Solo 2016, yang berlangsung 14-17 Februari 2016. Bertempat di kawasan Ngarsapura, beragam jenang dari berbagai daerah akan tersaji di acara ini.

Dalam masyarakat Jawa, khususnya Solo, jenang seakan sudah melekat. Jenang selalu hadir dalam berbagai acara ritual sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Jenang merupakan simbol harapan, doa, persatuan, dan semangat masyarakat Jawa. 

Makanan yang punya ciri khas cita rasa manis ini terbuat dari bahan dasar tepung beras atau tepung ketan yang dimasak dengan santan lalu ditambahkan gula merah atau gula putih.

Pada hari pertama berbarengan dengan Car Free Day, panitia akan membagikan 1.000 jenang kepada warga yang melintas di Jalan Slamet Riyadi, Minggu (14/2). Pada acara puncak festival panitia akan membagikan sekitar 2.000 takir jenang kepada warga yang menyaksikan festival. 

Di sela acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut akan ada workshop membuat jenang dan atraksi budaya. Selanjutnya, panitia mengadakan lomba foto dengan hadiah uang Rp1 juta.  

BACA JUGA:

  1. Emping Menes Oleh-oleh Wajib dari Pandeglang
  2. Balok Menes Makanan Olahan Singkong Khas Pandeglang
  3. Laksan, Kuliner Favorit Khas Palembang
  4. Tekwan, Kuliner Khas Palembang Paling Maknyus
  5. Resep Turun-temurun Nasi Tiwul Khas Pacitan

 

#Kuliner Nusantara #Wisata Jawa Tengah #Solo #Festival Jenang
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan