Kota Solo Dapat Predikat Kota Toleran, Gibran: Ini Sebuah Kebanggaan

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 01 April 2022
Kota Solo Dapat Predikat Kota Toleran, Gibran: Ini Sebuah Kebanggaan
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - SETARA Institute for Democracy and Peace melakukan riset Indeks Kota Toleran (IKT) terhadap 94 Kota di Indonesia.

Hasilnya, Kota Solo, Jawa Tengah, menempati peringkat ke-9 dengan skor 5.783. Untuk Kota Magelang menempati posisi keenam dengan meraih skor 6.020 dan mengungguli Kota Ambon di posisi ketujuh dengan skor 5.900.

Baca Juga

Gibran Gandeng Paundra Bikin Pameran Batik

Untuk posisi lima besar ditempati Singkawang di urutan pertama dengan skor 6.483, Manado urutan kedua dengan skor 6.400, Salatiga urutan ketiga dengan skor 6.337, Kupang urutan keempat dengan skor 6.337, dan Tomohon urutan kelima dengan skor 6.133.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik atas hasil survei itu. Ia menyebut hasil Solo sebagai kota toleran harus ditingkatkan

"Dapat predikat Kota Solo sebagai kota toleran harus ditingkatkan. Terima kasih untuk warga kota Solo, ini sebuah kebanggan," ujar Gibran, Jumat (1/4).

Baca Juga

Benda Mirip Bom Ditemukan Dekat Kantor Gibran, Polisi: Bukan Aksi Teror Pelaksanaan G20

Ia mengatakan predikat kota toleran ini mungkin karena Imlek yang merayakan bukan hanya kaum tionghoa saja. Namun, semua warga Solo juga Ikut bergembira semua.

"Perlu ditingkatkan lagi. Yang penting kita menanamkan pada anak muda sifat toleran sejak dini," ucap dia.

Ia menambahkan selama jadi Wali Kota Solo toleransi di Solo sudah cukup baik. Bahkan, ia kerap mengadakan kegiatan pertemuan umat beragama.

"Kita baru melantik FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan menggelar pertemuan antar umat beragama. Ini bagian untuk menjaga toleransi," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Soal Temuan Benda Diduga Bom, Gibran Imbau Warga Tidak Panik

#Gibran Rakabuming #Kota Solo #Wali Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan