Yuk, Rasakan Kemeriahan Cap Go Meh di Kota-Kota Ini Ilustrasi Festival Cap Go Meh (MP/Rizki Fitrianto)

KEMERIAHAN suasana Imlek masih hangat terasa. Dalam tradisi Tionghoa, momen ini akan selalu meriah hingga hari ke-15 sejak dimulainya tahun baru menurut kalender Tionghoa tersebut.

Biasanya, pada hari itu pula kebanyakan masyarakat Tionghoa akan menggelar festival Cap Go Meh untuk menutup pesta tahun baru Imlek.

Di Indonesia, ada beberapa kota yang sangat rutin menggelar festival Cap Go Meh. Berikut, kota-kota besar yang rutin menggelar Cap Go Meh di Indonesia.

1. Glodok, DKI Jakarta

Kemeriahan Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. (Instagram/@charleshonoris)
Kemeriahan Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. (Instagram/@charleshonoris)

Jakarta yang notabennya sebagai Ibukota Indonesia tergolong yang paling rutin menggelar perayaan Cap Go Meh. Glodok adalah lokasi yang sering menggelar tradisi ini. Beragam atraksi diperagakan untuk memeriahkan perayaan tersebut.

Atraksi yang sering muncul saat perayaan di Glodok beragam, mulai dari kesenia Tionghoa hingga tradisi Nusantara seperti marching band, Paskibraka, tatung, barongsai, liong, Tari Kabasaran Bapontar, reog, hingga sisingaan.

2. Pontianak, Kalimantan Barat

Atraksi tarian Suku Dayak, Kancet Papatai. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)
Atraksi tarian Suku Dayak, Kancet Papatai. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Daerah berikutnya yang rutin menggelar perayaan Cap Go Meh adalah Pontianak di Kalimantan Barat. Di sini perayaannya bahkan digelar berhari-hari. Beragam acara digelar, yang berhubungan dengan kesenian dan budaya masyarakat Tionghoa.

Tak hanya itu, kadang pada perayaan ini juga dipadukan dengan promosi berbagai kebutuhan, muali dari kuliner, elektronik, hingga otomotif. Tak lupa juga, ada sebuah panggung pusat yang menampilkan kesenian daerah di Nusantara.

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Seorang Tatung di Cap Go Meh Singkawang. (Foto: Instragram@safirmakki)
Seorang Tatung di Cap Go Meh Singkawang. (Foto: Instragram@safirmakki)

Masih di Kalimantan Barat, Singkawang merupakan lokasi yang sangat rutin menggelar perayaan Cap Go Meh. Bahkan, perayaan ini sudah dimasukkan ke dalam agenda Dinas Pariwisata daerah setempat. Daerah ini bahkan disebut-sebut sebagai tempat perayaan Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara.

Yang paling berkesan saat merayakan Cap Go Meh di Singkawang adalah atraksi Tatung. Dimana, orang-orang yang terpilih akan menampilkan atraksi ekstem dengan tubuh tertusuk benda-benda tajam. Seram, bukan.

4. Palembang, Sumatera Selatan

Festival Cap Go Meh di Kampoeng Kapitan. (Instagram/@pesonasriwijaya)
Festival Cap Go Meh di Kampoeng Kapitan. (Instagram/@pesonasriwijaya)

Beranjak ke Pulau Sumatera, Pelembang adalah kota yang juga dibilang rutin menggelar perayaan megah Cap Go Meh. Bahkan, pada perayaan tahun lalu Dinas Pariwisata Kota Palembang untuk pertama kalinya ikut berperan dalam mengadakan Festival Cap Go Meh.

Beragam penampilan disuguhkan kepada mereka yang ikut serta dalam perayaan ini, mulai dari Tanjidor, musik Melayu dan Tiongkok, permainan tradisional, pertunjukan barongsai, musik akustik, atraksi wushu, kungfu, becak Tiongkok, pentas seni Dul Muluk, wayang Palembang, dan berbagai.

5. Bogor, Jawa Barat

Cap Go Meh 2018 di Bogor. (Instagram/@sylvia.kho_)
Cap Go Meh 2018 di Bogor. (Instagram/@sylvia.kho_)

Tak jauh dari Ibu Kota Jakarta, ada sebuah kota yang juga rutin menggelar perayaan Cap Go Meh. Daerah itu adalah Bogor. Di sana, perayaan tradisi ini selalu digelar dengan beragam acara yang unik.

Festival untuk perayaan Cap Go Meh di sini biasanya dimulai dengan parade barongsai serta penampilan seni dan budaya. Seni dan budaya yang ditampilkan tidak hanya berasal dari Jawa Barat saja, melainkan juga budaya Nusantara lainnya seperti dari Kalimantan, Jawa Tengah, Madura, Sumatera Barat, dan Betawi. (*)

Baca Juga: Cap Go Meh Meriah di Yogyakarta, ini 6 Event yang Bisa Dikunjungi

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH