Kota di Inggris akan Resepkan Bersepeda agar Warganya Lebih Sehat

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 21 Oktober 2022
Kota di Inggris akan Resepkan Bersepeda agar Warganya Lebih Sehat
Rencana tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kunjungan dokter. (Foto: Pexels/Flo Dnd)

SEBUAH kota di Inggris berencana menawarkan 'resep' untuk bersepeda dalam upaya meningkatkan kesehatan penduduknya. Kota Doncaster sedang menguji coba skema Active Travel Social Prescribing, dengan dana hibah sebesar GBP 665 ribu atau sekitar Rp 11,6 miliar dari Department for Transport setempat.

Skema ini akan menawarkan pelajaran bersepeda dan pinjaman sepeda, selain dukungan untuk membantu orang bergabung dengan kelompok pejalan kaki dan menggunakan taman juga ruang terbuka. Program tersebut akan diluncurkan di kawasan Balby, sebelum diluncurkan ke daerah lain.

Baca juga:

Langgar Lajur Khusus Sepeda di London, Denda Menanti

Kota di Inggris akan Resepkan Bersepeda agar Warganya Lebih Sehat
Active Travel Social Prescribing bertujuan untuk membuat gaya hidup aktif lebih menarik. (Foto: Pexels/Clem Onojeghuo)

Rencana tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kunjungan dokter dan ketergantungan masyarakat pada konsumsi obat-obatan. Sebuah laporan dewan mengatakan, program tersebut merupakan 'resep sosial' yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara holistik.

"Ini juga bertujuan untuk mendukung individu untuk mengambil kendali yang lebih besar atas kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri," kata laporan itu seperti dilansir BBC, Rabu (19/10).

"Active Travel Social Prescribing bertujuan untuk mengurangi ketidaksetaraan kesehatan dan membuat gaya hidup aktif lebih menarik bagi orang-orang, dengan menawarkan aktivitas bersepeda dan berjalan kaki yang dapat diakses secara gratis seperti kelompok pejalan kaki, pinjaman sepeda gratis, dan pelatihan bersepeda," lanjutnya.

Doncaster dipilih untuk percontohan karena sudah memiliki skema perjalanan aktif dan adanya bukti yang jelas dari ketidaksetaraan ekonomi dan kesehatan, tambah laporan itu.

Woodfield Park akan menjadi tuan rumah proyek resep bersepeda dan laporan tersebut mengatakan, bahwa targetnya untuk mengajari hingga 500 orang cara mengendarai sepeda serta menyediakan sekitar 400 sepeda sebagai pinjaman, termasuk yang disesuaikan secara khusus untuk digunakan oleh para penyandang disabilitas.

Baca juga:

Sisi Lain Boris Johnson, Perdana Menteri 'Gila' Sepeda

Kota di Inggris akan Resepkan Bersepeda agar Warganya Lebih Sehat
Di Doncaster dokter mulai meresepkan berjalan dan bersepeda. (Foto: Pexels/Lukas Hartmann)

Doncaster menjadi salah satu dari tiga kota Yorkshire di mana dokter mulai meresepkan berjalan dan bersepeda untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Bradford, Doncaster, dan Leeds mendapatkan bagian sebesar GBP 12,7 juta atau sekitar Rp 222 miliar yang dialokasikan untuk uji coba awal 'resep sosial'.

Menurut Department for Transport, rencana program yang baru tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik warga secara keseluruhan.

Menteri berjalan dan bersepeda Trudy Harrison, mengatakan lebih banyak bersepeda dan berjalan kaki akan meringankan beban tenaga medis, serta meningkatkan kualitas udara dan mengurangi kemacetan. (aru)

Baca juga:

Kurangi Mobil, 4 Kota ini Prioritaskan Pejalan Kaki dan Sepeda

#Sepeda #Bersepeda #Inggris #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan