Kota Bandung Butuh Peta Mitigasi Bencana

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 28 September 2021
Kota Bandung Butuh Peta Mitigasi Bencana
Rapat Mitigasi Bencana di Bandung.(Foto: Humas Kota Bandung)

MerahPutih.com - Letak geografis Kota Bandung berada di cekungan yang dikelilingi pegunungan dan di bawah patahan atau sesar Lembang, diyakini memiliki risiko cukup tinggi terjadinya bencana, seperti gempa bumi dan banjir.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, Untuk meminimalisir risiko, dibutuhkan kajian mitigasi bencana yang tepat dan terukur sebagai bahan dasar dalam perencanaan penanganan kebencanaan di Kota Bandung.

Baca Juga:

Diterjang Hujan Deras, Depok Tambah Anggaran Bencana Rp 77 Miliar

Yana menerangkan, dampak dari bencana gempa atau banjir yang terjadi tidak hanya akan dirasakan warga Kota Bandung, tetapi dapat berakibat lebih luas.

"Dengan begitu perlu adanya perubahan pola pikir dari penanggulangan bencana ke pengurangan risiko bencana," ungkapnya.

Yana menyebut, ada tiga hal penting yang perlu dilakukan. Pertama pengenalan dan pengkajian ancaman bencana. Kedua pemahaman tentang kerentanan masyarakat, dan terakhir menganalisis kemungkinan dampak bencana.

"Ketiga hal tersebut akan memberikan pilihan tindakan pengurangan risiko bencana dan memudahkan kita dalam membuat mekanisme penanggulangan dampak bencana," tuturnya.

Rapat Mitigasi Bencana di Bandung.(Foto: Humas Kota Bandung)
Rapat Mitigasi Bencana di Bandung.(Foto: Humas Kota Bandung)

Karenanya, Yana meminta para kepala perangkat daerah, camat maupun lurah untuk segera menindaklanjuti kajian risiko bencana di Kota Bandung.

"Perlu kita ingat bersama bahwa sehebat apapun rencana selalu ada kemungkinan menemui kegagalan. Tapi tanpa rencana, itu artinya kita sedang merencanakan kegagalan," katanya.

Ada beberapa potensi bencana yang dihadapi Kota Bandung, mulai ancaman Sesar Lembang atau letusan gunung berapi, penurunan muka tanah dan ancaman krisis air bersih, kebakaran, banjir, sampah, sampai angin puting beliung. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

BNPB: Sistem Peringatan Dini Bencana Hidrometeorologi Sudah Siap

#Bencana Alam #Bencana Nasional #Rawan Bencana #Kota Bandung #BNPB #BMKG
Bagikan
Bagikan