Miss Universe 2020

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 17 Mei 2021
Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Deretan kostum nasional terbaik dalam ajang Miss Universe 2021. (Foto: Miss Universe)

SATU segmen yang selalu dinanti dalam ajang penghargaan Miss Universe adalah peragaan busana nasional khas negara masing-masing. Para kontestan akan menampilkan pakaian keren nan cantik untuk memperkenalkan keistimewaan tanah airnya.

Tahun ini, setiap peserta tampil memukau. Mulai dari kostum unik hingga jubah dramatis, berikut beberapa kostum nasional Miss Universe 2020 terbaik.

1. Miss Indonesia dengan kostum Komodo

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Miss Indonesia memperkenalkan Komodo melalui pakaian bersisik. (Foto: Miss Universe)

Mewakili Indonesia ajang kecantikan Miss Universe 2020, Ayu Maulida tampil dengan kostum bertema komodo. Bertajuk Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage, pakaian ini ingin mengenalkan eksotisme komodo dari Timur Indonesia.

Gaun tersebut dibuat dengan sequin tiga dimensi berwarna hitam dan emas. Sequin tersebut ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai sisik komodo. Kerennya, kostum ini memiliki ekor dan hiasan kepala berbentuk komodo. Juga dilengkapi cakar yang menyala dengan pengontrol LED.

2. Miss Kamerun dan singa

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Kamerun memilih singa karena merupakan binatang nasional negaranya. (Foto: Miss Universe)

Angele, perwakilan Kamerun tampil garang dengan hiasan wajah singa di bagian kepala dan jubahnya. Sembari berjalan di titian, perempuan berusia 28 tahun itu memegang atribut serupa obor.

Didesain oleh Kennedy Jhon Gasper, mereka memilih singa karena hewan tersebut merupakan binatang nasional Cameroon.

3. Miss Ekuador terinspirasi dari festival Inca

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Kostum Ekuador terinspirasi dari festival kuno suku Inca. (Foto: Miss Universe)

Menurut laman Instagram Miss Ekuador, busana nasional yang dikenakan Leyla Espinoza Calvache terinspirasi dari Inti Raymi, sebuah festival kuno khas masyarakat Inca.

Bagian kepalanya dihiasi dengan aksesoris bulat warna-warni. Sedangkan jubah besarnya berwarna hitam dan emas yang dihiasi dengan gambar khas Inca.

4. Miss Malaysia membawa rumah tradisional ke atas panggung

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Miss Malaysia memperkenalkan rumah tradisional dari negaranya melalui pakaiannya. (Foto: Miss Universe)

Fransisca Luhong James, perwakilan Malaysia benar-benar membawa rumahnya ke ajang internasional. Kostumnya terisnpirasi dari rumah tradisional khas Malaysia.

Baju seberat 45kg itu dilengkapi dengan bangunan rumah tiga dimensi. Lengkap dengan kebun, pohon kelapa, dan hiasan kepala dengan boneka perempuan sedang duduk.

Baca juga:

Mewahnya Kostum Komodo Indonesia di Miss Universe

5. Nepal hadir untuk menghormati Sherpa

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Miss Nepal memanfaatkan momennya untuk menghormati sherpa dari negaranya. (Foto: Miss Universe)

Satu hal yang terkenal dari Nepal ialah Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia. Untuk menghormati sherpa (sebutan untuk pemandu pendaki), Anshika Sharma mengenakan jaket putih yang biasanya dipakai ketika mendaki.

Tak hanya itu, perempuan yang membuat organisasi untuk mendukung 24 siswa ini juga terlihat membawa properti Gunung Everest, perlengkapan mendaki, serta bendera doa yang biasanya ditemukan di base camp Everest.

6. Panama tampil berkilau

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Kostum Panama terinspirasi dari kapal Christopher Colombus. (Foto: Miss Universe)

Carmen Jaramillo dari Panama menutupi dirinya dengan kerang dan jaring berkilauan untuk kostumnya bernama La Nina, La Pinta, y La Santa Maria.

Pakaian ini mendapatkan namanya dari kapal milik Christopher Columbus. Oleh sebab itu, Jaramillo berjalan di atas panggung sembari memegang potongan kapal, jangkar, dan kemudi kapal.

7. Myanmar dan pesan mendalam

Kostum Nasional Paling Unik di Ajang Miss Universe 2020
Thuzar Wint Lwin mendapat tepuk tangan meriah ketika memperagakan busana tradisional negaranya. (Foto: Miss Universe)

Meski kehilangan koper beserta kostum nasionalnya, Thuzar Wint Lwin justru memenangkan titel Best National Costume. Dibantu oleh warga Myanmar di AS, Lwin memakai pakaian pengganti berupa kostum perempuan Chin yang dikenakan pada upacara tradisional.

Saat memperagakan busananya, Lwin juga mencuri perhatian dengan pesan mengunggah bertuliskan 'Pray For Myanmar' dalam spanduk yang dibawanya. Walau sederhana, pesan kuat yang hendak disampaikannya menuai tepuk tangan meriah bahkan sampai-sampai membuatnya akhirnya terpilih sebagai juara. (sam)

Baca juga:

Pesan Damai di Miss Universe 2020

#Miss Universe #Miss Indonesia #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan